Eko Teguh Peripurno Raih Sasaka Award

JENEWA, BL-Dr. Eko Teguh Peripurno berhasil meraih Sasaka Award, sebuah pengharagaan bergengsi dari Yayasan Nippon Jepang diberikan kepada mereka yang telah berkontribusi pada upaya mengurangi risiko bencana. Dosen dan peneliti dari Universitas Pembangunan Nasional ini berhak memperoleh uang sebesar US$ 50 ribu atau sekitar Rp 500 juta.

Eko sendiri memperoleh penghargaan ini atas upayanya memperkenalkan teknologi tepat guna bagi masyarakat lokal di sekitar Gunung Merapi.“Penghargaan ini akan saya gunakan untuk membangun kapasitas masyarakat di sekitar gunung merapi, bagaimana agar mereka mengenal dengan baik tentang gunung merapi, ini adalah langkah awal upaya untuk mengurangi risiko bencana,” Demikian Eko memberikan penjelasannya di pertemuan Global Platform yang diselenggarakan di Jenewa Swiss.


Direktur Direktur Pusat Penelitian untuk Manajemen Bencana Universitas Pembangunan Nasional (UPN) di Yogyakarta itu, selama ini aktif konsultan pemerintah baik lokal maupun nasional serta terlibat aktif dalam beberapa organisasi Lembaga Swadaya Masyarakat dalam penanganan konflik. Tak hanya Eko juga terlibat aktif dalam penanganan pascagempa di Yogyakarta pada 2006--bencana yang menewaskan hampir 6.000 orang.

Eko telah bekerja di bidang manajemen risiko bencana, kebanyakan yang terkait dengan letusan gunung berapi, di Indonesia selama lebih dari 15 tahun. Dia juga berperan langsung dalam pembangunan kapasitas di lebih dari 750 proyek manajemen risiko bencana di 20 provinsi. (Trinimala Ningrum )**
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: