Tak ada capres peduli kebakaran hutan

Capres 2009 ala Greenpeace. Foto : Greenpeace
Jakarta,BL-Greenpeace Asia Tenggara menilai semua calon presiden RI yang tampil dalam pemilu 2009 baik Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, maupun Jusuf Kalla tidak ada satupun yang peduli dengan kebakaran hutan. Padahal, hampir setiap tahun hal tersebut menjadi masalah terutama di Sumatera dan Kalimatan.

"Media hanya mengekspos kampanye padahal di Riau tiap tahunnya terjadi kebakaran. Tidak ada satu capres yang ngomong kebakaran hutan," jelas Bustar Maitar, Juru Kampanye Hutan Greenpeace Asia Tenggara, dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (15/6). Hasil investigasi yang dilakukan Greenpeace di Riau menemukan semakin banyak titik api di musim kemarau saat ini.

Menurut Bustar, Greenpeace menilai hal ini karena kurangnya inisiatif semua capres 2009 dalam mengatasi perubahan iklim. Ia mengatakan kebakaran hutan terjadi setiap tahun di Riau, namun tak ada satupun pasangan capres dan cawapres yang memasukkannya ke dalam program kerja maupun kampanyenya.

Di balik itu, terdapat banyak kebijakan-kebijakan baru pemerintah Indonesia yang dinilai masih merugikan bagi penyelamatan hutan. Misalnya, pengehentian kasus illegal logging dan memperpanjang penggunaan kayu alam khususnya untuk industri pulp & paper.

"Kami mengidentifikasikan bahwa ada sistematis yang salah dari Menteri Kehutanan dan Departemen Kehutanan untuk menghancurkan kehutanan Indonesia. Kami melihat adanya kaitan dengan pemilu khususnya dengan pengumpulan dana-dana kampanye berhubungan dengan pemberian izin-izin kehutanan yang dikeluarkan," jelas Bustar seperti dilansir Kompas. (Kompas/Marwan Azis)
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: