UNISDR-IPCC Harus "Bersatu" Hadapi Pemanasan Global

JENEWA, BL-Kerjasama tingkat tinggi seharusnya dilakukan oleh lembaga international dalam persoalan pengurangan risiko bencana dan issu perubahan iklim, artinya UNISDR (United Nation International Strategy for Disaster Reduction),lembaga yang membawahi issu pengurangan risiko bencana harus duduk bersama dan berdialog dengan IPCC (International Panel for ClimateChange).

Bukan hanya menuntut agar dialog dilakukan di tingkat nasional. Demikian Victor Rembeth, salah satu anggota Platform Nasional, mengomentari diskusi tentang draft rekomendasi yang akan disampaikan dalam pertemuan Global Platform. Sesi diskusi tersebut merupakan persiapan jelang sidang resmi Global Platform pengurangan risiko bencana yang diselenggarakan di Centre International Conference Geneva, atas inisiatif UNISDR (15/6).

Lebih jauh Victor menjelaskan,bahwa di beberapa Negara dialog tersebut sudah mulai dibangun,sebut saja Indonesia, anggota dewan nasional perubahan iklim menjadi salah satu anggota Platform Nasional. Victor menambahkan, pentingnya mensosialisasikan ide-ide ini sampai ke tingkat local. Karena bagaimanapun dampak akan terasa di tingkat lokal. ”Pertemuan ini diharapkan juga merekomendasikan pentingnya dialog lembaga international seperti UNISRD dan IPCC,”tambahnya. (Rini/Anton).
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: