Kawasan Konservasi Untuk Hilversum

NETHERLAND, BL- Peduli terhadap lingkungan, agaknya memang menjadi komitmen masyarakat Belanda. Di kawasan Hilversum, area yang sebagian wilayahnya dikembangkan sebagai kawasan pengembangan media, ternyata juga menyediakan lahan yang cukup luas sebagai daerah konservasi.

Tak tanggung-tanggung sekitar 1.000 hektar lebih kawasan tersebut dialokasikan sebagai kawasan yang dilindungi. Awalnya kawasan tersebut dimanfaatkan untuk penambangan pasir, belakangan berubah menjadi daerah gersang dan bergurun. Keprihatinan inilah yang kemudian menggerakan pemerintah setempat bersama penggiat media mengusulkan kepada Kerajaan Belanda untuk menjadikan kawasan ini menjadi kawasan konservasi.

Sederhana saja, tempat ini dibiarkan saja tumbuh dan berkembang sesuai dengan habitat dan tabiat tumbuhan dan hewan yang ada disana. Tanpa introduksi dari manusia, hasilnya menakjubkan, 10 tahun kemudian kawasan tersebut mulai berkembang , tumbuhan, baik serasah maupun tumbuhan tinggi tumbuh dengan sempurna.

Hewan-hewan disana pun tumbuh dan berkembang, mulai dengan kehadiran burung-burung, kemudian kupu-kupu, capung dan binatang melata lainnya saat ini hidup dengan tenang di kawasan tersebut. Kawasan hutan konservasi ini tepat berada di belakang kantor redaksi Radio Netherlands. (Trinirmala Ningrum)
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: