Ribuan hektar kebun sawit di Riau dikuasai Malaysia

Ilustrasi perkebunan sawit di Riau. Foto : Riauterkini.com
RIAU,BL-Malaysia mendominasi investasi sector perkebunan provinsi Riau. Luas kebun milik investor Malaysia di Indonesia mencapai 178 ribu hektar yang tersebar di beberapa kabupaten/kota di Riau.

Konsul Malaysia untuk Pekanbaru, Zamani Ismail Jum’at (14/8/09) mengatakan, sejauh ini komitmen investor Malaysia di Riau dan Indonesia cukup besar. Apalagi, potensi yang dimiliki Riau, sangat besar. Sehingga berpotensi untuk menarik investor lebih banyak lagi.“Luas lahan perkebunan milik investor Malaysia di Riau sekitar 178 ribu hektare. Ini menjadi bukti bagaimana komitmen kita untuk berinvestasi di Riau. Ke depan kita akan garap bidang-bidang lain yang mungkin bisa dilakukan,” katanya.

Data Konsul Malaysia untuk Pekanbaru menyebutkan bahwa di Indragiri Hilir ada TH. Indo Plantation yang memiliki kebun sawit seluas 80.000 ha, Di Pelalawan ada TH Indo Plantation yang memiliki kebun sawit seluas 12 ribu hektar, Di Rohil ada Minamas Plantation yang memiliki kebun sawit seluas 30 ribu hektar.

Di Mandau Bengkalis ada PT Adei Plantation Industri yang memiliki 9000 hektar kebun sawit dan 4000 hektar kebun karet, Untuk di Pelalawan ada PT Adei Plantation yang memiliki kebun sawit seluas 12 ribu hektar. Di Kampar ada PT Adei Plantation yang memiliki 6000 hektar kebun sawit sawit. Dan di Inhil, ada Minamas Plantation yang memiliki 25 ribu hektar kebun sawit.(Riau Terkini)
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: