Sejumlah Penyakit Serang Korban Gempa

PANGALENGAN, BL- Ratusan warga dari berbagai wilayah di Desa Sukamanah, Kecamatan Pangalengan , Kabupaten Bandung memanfaatkan posko kesehatan yang didirikan PT Bio Farma untuk memeriksa kesehatannya pasca gempa yang melanda wilayahnya.

Mahsun Ali, dokter di Posko Sukamanah, mengatakan dari sekian banyak warga yang memeriksakan diri, infensi saluran pernafasan akut (ISPA) yang diakibatkan debu akibat bangunan yang roboh paling banyak ditemukan.

“Mereka kebanyakan gangguan pernafasan karena kegiatan warga membereskan sisa bangunan yang ambruk pasca gempa,” ujarnya.

Menurut Mahsun, selain Ispa penyakit maag serta trauma juga banyak yang menyerang warga yang terkena gempa yang terjadi hari Rabu (2/9) lalu.

“Maag terjadi karena banyak warga yang tidak memperhatikan asupan, mereka terlalu sering Kaman mie instant serta stress akibat trauma,” ucap Mahsun.

Mahsum meminta masyarakat lebih waspada terhadap penyakit pasca gempa, seperti diare akibat dari pola makan dan minum yang tidak terkontrol.

“Diare bisa terjadi akibat kurangnya air bersih, makanan yang tidak terjaga kesehatannya sehingga mengganggu pencernaan,” imbuhnya. (Suparno)
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: