Ketua MPR Ingatkan Pemda Lakukan Pencegahan Bencana

Salah satu kantor milik Pemda Provinsi Sumatera Barat yang ambruk akibat gempa. Foto : Beritalingkungan.com/Marwan Azis.
PADANG, BL- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Taufik Kiemas mengingatkan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bahwa yang penting bukan hanya tindakan penyelamatan dan rekonstruksi saja tetapi juga tindakan pencegahan.

“Setelah 10 hari pasca gempa, saya melihat BNPB dan Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat telah menjalankan tugasnya dengan baik. Tapi masyarakat harus selalu siap menghadapi bencana alam. MPR akan membantu melalui fasilitasi pembicaraan dengan DPR dan juga pemerintah mengenai penanggulangan bencana,” kata Taufik Kiemas (TK) kemarin saat berkunjung ke Rumah Jabatan Gubernur Sumatera Barat yang kini menjadi posko terpadu penanggulangan gempa Sumbar.

“Masyarakat juga sudah mulai melakukan kegiatan sehari-hari mereka. Kami juga sudah mulai mengumpulkan data untuk persiapan proses pemulihan nantinya,” ujar Gubernur Sumater Barat Gamawan Fauzi.

Kepala BNPB juga memberikan paparan kepada Ketua MPR bahwa Trauma Center sudah mulai berjalan di Sumatera Barat sebagai bagian dari usaha memulihkan masyarakat. “Kami akan terus membantu karena klien kami adalah masyarakat,” kata Kepala BNPB Syamsul Maarif. (Marwan Azis)
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: