Manokwari Diguncang Gempa

Tampak Kampung Makassar Kota Manokwari berhadapan dengan laut yang semalam dilanda gempa berkuatan 6,2 Skala Rektar. Foto : Beritalingkungan/Marwan Azis.

MANOKWARI, BL- Gempa kembali mengguncang Manokwari, Ibukota Provinsi Papua Barat, Kamis (14/1) dinihari sekitar pukul 02.18 WIT. Gempa berkekuatan 6.2 Skala Rektar (SR) tersebut terasa cukup kuat. Awalnya seperti diayun diikuti getaran kurang lebih 10 menit, hingga tak terasa sama sekali.

Saat tanah dan bangunan bergetar, warga yang tidur kontan terbangun dan berbegas berhamburan keluar rumah. Kepanikan juga terlihat di sejumlah hotel, akan halnya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Manokwari. Pasien dan pengunjung panik, berlari berdesak – desakan mencari tempat terbuka. Salah satunya Nora, Warga Distrik Mubrani, yang menjenguk saudara laki-lakinya.

Usai gempa, Nora, kerabat dan saudaranya yang sakit, memilih menghabiskan malam di luar gedung rumah sakit. “Saya takut ada gempa susulan,” tutur Nora, sembari memegang selang infus saudaranya, di pelataran rumah sakit.

Berdasarkan data dari BMG Manokwari, lokasi gempa berada pada koordinat 0.83 LS-133.36 BT, 78 km barat laut Manokwari, pada kedalaman 26 km.

Saat berita ini dilaporkan, warga mulai masuk ke rumahnya untuk istirahat. Namun Nora serta sebagian pembesuk dan pasien RSUD tetap memilih tidur di pelataran, Pihak rumah sakit belum melaporkan adanya korban luka atas bencana ini. (Patrix Barumbun Tandirerung)
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: