Warga Korban Banjir Mulai Berbenah

Warga korban banjir mulai membersihkan sampah dan lumpur yang terbawa arus banjir Kali Ciliwung (13/2). Foto : Marwan Azis/BeritaLingkungan.com
JAKARTA, BL -Setelah tergenang luapan air Sungai Ciliwung sejak Sabtu siang (13/2), warga di sepanjang kali Ciliwung, Kelurahan Rawa Jati, Kalibata, Minggu siang warga mulai membersihkan kotoran lumpur yang tergenang.

Dari pantauan beritalingkungan.com, beberapa warga membersihkan genangan lumpur dengan menggunakan mesin pompa air milik warga.

Menurut Musria, warga Rawa Jati, akibat genangan banjir, mereka harus mengungsi ke rumah tetangga atau kerabat yang berada di dataran tinggi. Banjir kali ini sudah diantisipasi warga yang sudah terbiasa dengan keadaan seperti ini.

Warga juga mengaku merasa cukup terhibur dengan janji Nova, salah seorang anggota DPR RI asal Partai Demokrat yang berkunjung dan berjanji akan membahas dan menangani masalah banjir ini dalam rapat paripurna.

Kondisi kesehatan warga cukup memprihatinkan, banyak warga yang terdiri sekitar 60 kepala keluarga ini, mengalami gatal-gatal dan rematik akibat terendam air. Mereka berharap masalah banjir ini dapat segera diatasi pemerintah.

Selain itu, keadaan setelah banjir ini, membuat warga harus sabar menunggu untuk melakukan rutinitas mereka, termasuk menjemur perabot dan pakaian mereka yang tidak kunjung kering akibat tidak adanya sinar matahari sepanjang hari Minggu ini.

Masalah banjir di Jakarta, memang bukan masalah baru dan masalah ini merupakan masalah bersama warga Jakarta. Salah satu jalannya yang mesti dilakukan warga Jakarta adalah mengubah pola hidup sehari-hari, dengan menjaga lingkungan sekitar dan tidak membuang sampah sembarangan.( Bastian Walters)
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: