Banjir Rendam Tujuh Desa di Kolaka

KOLAKA, BL- Banjir merendam tujuh desa di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, Senin siang (10/5). Desa-desa yang terendam banjir ini adalah Desa Gunung Jaya, Wande, Dangia dan Poleang yang berada di Kecamatan Ladongi serta Desa Pungguloko dan Desa Tokai di Kecamatan Polipolia.

Banjir diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi yang mengguyur selama dua hari belakangan. Tingginya genangan air sempat mengganggu arus tranportasi desa sehingga sebagian warga memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan uang dengan cara menyewakan rakit untuk mengangkut kerndaraan bermotor yang terjebak banjir .

Selain itu air juga merendam ratusan rumah yang membuat warga terpaksa mengevakuasi barang-barang mereka ke tempat yang lebih tinggi .Banjir juga ratusan hektar areal persawahan yang siap panen serta merobohkan sebuah jembatan yang menghubungkan dua desa di kecamatan hingga terputus.

Warga mengeluhkan kegiatan penggundulan hutan disekitar wilayah mereka sehingga menyebabkan terjadinya baniir. “Banjir ini baru terjadi selama lima belas tahun terakhir. Hutan-hutan di sekitar desa mulai gundul akibat maraknya illegal logging,”kata Sudirman, warga desa Tokai. Warga meminta pemerintah untuk segera turun tangan menindak para pelaku pembalakan liar tersebut.

Wakil Bupati Kolaka , Amir Sahaka yang meninjau lokasi banjir mengatakan selain curah hujan yang cukup tinggi penyebab banjir diduga akibat penggundulan hutan di wilayah kecamatan tersebut.“Kami segera akan menerjunkan tim kehutana untuk mendeteksi aktifitas perambahan hutan. Ini tentu tidak bias dibiarkan karena akan membawa bencana bagi warga sekitar,”tegas Amir Sahaka. Beruntung banjir kali ini tidak menelan korban jiwa. (Yos Hasrul)
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: