Warga Kolaka Temukan Tambang Emas Baru

warga desa setempat yang sedang mendulang emas
Warga desa setempat yang sedang mendulang emas. Foto : Abdi/ Beritalingkungan.com

KOLAKA, BL-Masyarakat Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara kembali menemukan lokasi tambang emas di Desa Tawanga, Kecamatan Uluiwoi, sekitar 150 kilometer dari Kota Kolaka. Menurut warga, kadar emas di lokasi ini cukup bagus dan bisa dijual hingga 300 ribu rupiah per gram.

Hamid, orang pertama yang menemukan tambang emas ini mengatakan, warga kini berbondong-bondong mencari emas di tiga sungai kecil yang ada di sekitar desa mereka.

Aktivitas penambangan yang dilakukan warga Tawanga ini sudah berlangsung sejak sebulan yang lalu.
Warga setempat masih menggunakan peralatan tradisional untuk mendulang emas. Diperkirakan luas tambang emas yang ada di Kecamatan Uluiwoi sekitar 1000 hektar, namun sebagian besar masuk dalam kawasan hutan lindung.

Temuan tambang emas baru ini dikhawatirkan bakal mengundang perusahaan tambang besar untuk masuk ke wilayah itu dan menambah rusaknya lingkungan Kolaka. Pasalnya, Kabupaten Kolaka menempati urutan kedua setelah Kalimantan Timur sebagai daerah yang kerusakan lingkungannya sangat parah akibat aktivitas pertambangan.

Sejumlah LSM menuding Bupati Kolaka Buhari Matta merestui kerusakan lingkungan di kabupaten itu. Hal ini didasarkan pada pernyataan bupati yang menilai hadirnya investor tambang dapat meningkatkan kehidupan sosial masyarakat. (Abdi Supanji)
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: