Aceh Jaya di Genangi Banjir

Banjir di Aceh Jaya, foto : Rahmad/Ant
Banjir di Aceh Jaya, foto : Rahmad/Ant

ACEH, BL-Hujan deras yang terjadi sejak kemarin malam mengakibatkan meluapnya air sungai Teunom. Belasan desa di Kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Nanggroe Aceh Darusalam terendam banjir, setinggi satu hingga dua meter.

Banjir tersebut melumpuhkan sarana transportasi jalan lintas provinsi di Kabupaten Aceh Jaya. Ruas jalan yang terparah dilanda  banjir adalah jalan lintas Meulaboh menuju Banda Aceh, tepatnya di jalan provinsi Tenom, Aceh Jaya. Jalan tersebut lumpuh hingga sore ini, tidak dapat dilalui kendaraan roda empat, bahkan kendaraan roda dua.

Warga terpaksa harus menggunakan jaya angkutan yang disediakan oleh penduduk setempat.  Ketinggian air hingga sore ini masih mencapai satu meter.

Selain menggenangi jalan utama, banjir juga masih menggenangi beberapa desa pemukiman di tenom. Sedikitnya 15 desa  di Kecamatan Teunom  terendam setinggi satu hingga dua meter. Akibatnya aktivitas warga lumpuh, selain rumah warga, banjir juga turut merendam sejumlah sarana pendidikan, areal persawahan.

Hingga berita ini dilansir, belum diketahui adanya korban dan kerugian material akibat tersebut. Menurut seorang warga, daerah ini merupakan langganan banjir tiap tahun. Namun cuaca sepekan yang tidak menentu sepekan ini telah membuat warga resah dan was-was. Beberapa warga telah mengungsi ke desa tetangga ke tempat keluarganya.

Warga berharap pemerintah segera memberikan bantuan berupa kebutuhan Sembilan makan pokok. Selain itu, warga juga meminta agar dibangun tanggul  disepanjang sungai untuk mencegah banjir. (Subiyono).
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: