Detik-detik Gempa Tsunami Jepang

 
Gempa berkekuatan 8,9 Skala Richter yang disusul Tsunami di pesisir timur laut Jepang yang terjadi Jumat siang (12/3) meluluhlantakkan sejumlah wilayah di Negeri Sakura dan menelan seribuan korban jiwa. 

Gempa diawali guncangan kuat pukul 14.46 waktu setempat. Pusaran besar kemudian terlihat muncul di Laut Jepang yang menghadap Samudera Pasifik. Ini yang memastikan akan terjadi Tsunami. Sekitar 30 menit kemudian terjadi gempa susulan berkekuatan 7,4 SR.

Badan Meteorologi Jepang lalu mengeluarkan Peringatan Tsunami untuk seluruh pesisir timur Jepang, yang menghadap Samudera Pasifik, termasuk 20 negara yang bersentuhan langsung dengan samudera. Sejumlah wilayah Indonesia termasuk di dalamnya.

Dalam video stasiun televisi setempat yang juga ditayangkan Metro Tv, terlihat gelombang Tsunami menyapu kawasan pusat kota dan menyeret kendaraan yang ada di jalanan. Ribuan kendaraan terseret arus bersama material lainnya. Tsunami juga menyapu kawasan industri dan permukiman.

Sejumlah gempa susulan di sekitar pusat gempa memicu Tsunami kedua. Gambar dari televisi setempat menunjukkan terjadinya dinding gelombang air yang menderu dari tengah laut menuju ke daratan. Kawasan pertanian di Sendai, tersapu oleh gelombang laut yang membawa puing-puing.

Kengerian gempa dan tsunami itu diketahui warga dunia lewat foto dan video yang direkam para wartawan dan warga di daerah bencana itu. Foto-foto dan video-video itu memperlihatkan bagaimana air mendorong mobil, rumah dan kapal-kapal ke daratan.

Gempa itu berpusat pada kedalaman enam mil (10 kilometer), sekitar 80 mil (125 kilometer) di lepas pantai timur dan 240 mil (380 kilometer) timur laut Tokyo, terjadi pukul 14:46 dan diikuti oleh lima gempa susulan yang kuat dalam waktu sekitar satu jam (Marwan Azis dari berbagai sumber).
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: