Longsor Ancam Jalur Kota Padang-Solok

Ilustrasi, longsor. Foto : padang-today.com
Ilustrasi, longsor. Foto : padang-today.com

PADANG, BL- Ruas jalan Kota Padang menuju Solok, Sumatra Barat putus akibat tertimbun bahan material longsor di kawasan Panorama II, Kecamatan Lubukkilangan, Kota Padang.

Material longsor beruapa batu besar yang disertai tanah kerikil warna merah dan genangan air terjadi Rabu (30/3) malam, sekitar pukul 22.00 WIB."Hingga Kamis (31/3) ruas jalan dari Kota Padang menuju Solok lumpuh, "kata Kanit Patroli Satlantas Polresta Padang AK Aswarman, Kamis (31/3).

Menurutnya, material longsor yakni tanah serta batu besar turun dari atas perbukitan di kawasan Panorama II, Kecamatan Lubukkilangan, Kota Padang menimbun badan jalan. "Material longsor yang turun dari kawasan perbukitan tersebut menimbun badan jalan setinggi dua meter dengan panjang 80 meter," katanya.

Dia menambahkan, akibat material longsor menimbun badan jalan tersebut, kendaraan dari arah Padang menuju Solok terjebak macet. "Antrian macet panjang kendaraan terjadi  yang menghubungkan Kota Padang dengan sejumlah kabupaten/kota arah timur Sumbar,"katanya.

Dia mengatakan, Dinas Pekerjaan Umum menurunkan dua unit alat berat untuk mengangkat material longsor yang menimbun badan jalan tersebut. "Saat in dua alat berat sudah dikerahkan ke lokasi, guna menyingkirkan material longsor berupa tanah dan kayu-kayu serta batu besar menimbun badan jalan," katanya.

Menurutnya, aparat Satlantas dari Polresta Padang juga diturunkan untuk mengatur arus lalu yang melalui jalan dari arah Padang menuju Solok. Untuk mengatur arus lalu lintas antarkota, jajaranya mengupayakan dengan sistem buka tutup. "Agar pengguna jalan yang telah keburu sampai di kawasan Panorama ini dapat melanjutkan perjalannnya, kita mengupayakan dengan sistem buka tutup," jelasnya. (Ant)
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: