Ayo Memanen Tenaga Matahari!


Matahari adalah sumber energi yang sudah lama dilirik oleh para ilmuwan untuk memasok kebutuhan energi rumah tangga. Berkat perkembangan teknologi, saat ini sudah banyak peralatan berenergi surya ditemui di pasar.

Mulai dari mobil bertenaga surya hingga pemanas ruangan dan pemanas air bertenaga surya. Semua peralatan itu digunakan oleh mereka yang peduli terhadap lingkungan, mereka yang bertekad untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.

Salah satu cara untuk menghasilkan energi surya adalah dengan menggunakan panel surya (solar panel). Panel berwarna hitam mengilat ini berfungsi menghimpun panas dan mengubahnya menjadi listrik sebelum disalurkan ke peralatan rumah tangga. Panel surya terbuat dari sel-sel photovoltaic yang disusun sedemikian rupa sehingga bisa menangkap sinar dan menggunakan energinya secara efisien. Sel-sel photovoltaic sudah banyak ditemui di pasar.

Produksi sel-sel ini mengalami lonjakan drastis sehingga biaya produksinya menurun. Sel-sel photovoltaic menggunakan semiconductor untuk mengubah sinar matahari menjadi listrik. Anda bisa menemukan sel-sel photovoltaic di kalkulator tenaga surya, telepon darurat di pinggir jalan, hingga di komplek-komplek industri besar. Karena harga dan biaya perawatannya semakin rendah, Anda kini sudah bisa menggunakan energi surya untuk memanaskan air dan menghangatkan ruangan.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan energi surya di rumah, perhatikan tips-tips berikut ini:

Perlu diingat, walaupun biaya penggunaan energi surya menurun, namun biaya itu masih relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan sumber energi lain. Lakukan survey untuk menemukan solar panel yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Temukan panel surya yang multifungsi yang bisa Anda pakai untuk memanaskan air, menghangatkan ruangan, bahkan untuk memasak. Jika Anda bisa menggunakan energi surya secara luas di rumah, Anda akan menghemat energi dan biaya.

Pemanas air bertenaga surya bisa digunakan untuk memanaskan berbagai sumber air, dari mulai air ledeng hingga kolam renang. Diskusikan fungsi-fungsi tersebut dengan pemasok panel surya Anda. Memanaskan kolam renang butuh pendekatan khusus. Kolam renang mengandung mineral yang bisa hilang akibat pemanasan konvensional.

Penggunaan energi surya untuk memanaskan air dan ruangan membawa banyak manfaat bagi lingkungan dan kesehatan karena energi surya memiliki tingkat polusi paling rendah dibanding sumber energi lain.

Energi surya bisa menjadi sangat praktis dan efisien bila digunakan di tempat-tempat terpencil yang belum atau tidak terjangkau oleh jaringan listrik.

Panel surya sangat cocok digunakan di daerah tropis atau di daerah gurun yang memiliki pasokan cahaya sepanjang hari sepanjang tahun. Panel surya lebih mudah dikirim dan dipasang dibanding ribuan gallon BBM atau jaringan listrik tegangan tinggi atau sutet.

Pada masa datang teknologi sel photovoltaic diharapkan akan semakin efisien sehingga Anda tidak membutuhkan sel surya dalam jumlah besar. Hal ini karena sel surya menghasilkan arus listrik langsung (DC) yang perlu dikonversikan ke arus listrik AC (alternate current). Dalam proses pengalihan itu, energi yang dihasilkan hilang sekitar 4-12%.

Energi surya adalah energi masa depan. Pasang panel surya di rumah Anda dan selamatkan lingkungan dan udara. (Make Your Home Energy Efficient dan Hijauku.com)
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: