Tips Menciptakan Rumah Berwawasan Lingkungan

 
 
Modifikasi rumah ramah lingkungan kian menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi, biayanya kini juga lebih terjangkau. Rumah berwawasan lingkungan terbukti bisa meningkatkan nilai jual, penampilan bahkan masa pakai properti Anda.

Modifikasi rumah hijau kini tidak hanya diterapkan oleh perseorangan namun juga oleh investor properti komersial. Merenovasi rumah hijau dengan strategi yang tepat mampu meningkatkan imbal hasil investasi Anda (ROI). Imbal hasil properti Anda juga tergantung pada jenis perawatan atau renovasi bangunan serta lingkungan dan masyarakat sekitar.

Berikut lima tips untuk menghijaukan dan meningkatkan nilai investasi rumah Anda:

1. Gunakan lampu hemat energi

Sampai masa pakainya berakhir, lampu hemat energi mampu menghemat biaya hingga Rp300.000 (US$30). Walau pada awalnya terkesan mahal, lampu hemat energi jauh lebih hemat dibanding lampu biasa. Mengganti lampu Anda dengan lampu hemat energi adalah cara paling mudah dan efektif menciptakan rumah ramah lingkungan.

2. Ganti perabot elektronik lama Anda

Cara lain untuk menciptakan rumah berwawasan lingkungan adalah dengan mengganti perabot elektronik bekas Anda dengan perabot elektronik baru. Saat ini, hampir semua perabot elektronik baru mulai dari AC, mesin cuci, kulkas, hingga pemanas air, dilengkapi dengan fitur penghemat energi, sehingga mudah bagi Anda untuk mencari dan membelinya. Selain fitur hemat energi, cara lain untuk menghemat biaya energi di rumah adalah dengan membeli perabot yang berukuran lebih kecil. Perabot jenis ini membutuhkan energi yang lebih sedikit namun memiliki fungsi dan kemampuan yang setara. Jika dana Anda terbatas, Anda bisa mengganti perabot rumah secara bertahap. Mulai dari perabot yang sering Anda pakai, yang paling besar energi dan ukurannya. Berinvestasi di perabot yang hemat energi akan menghemat biaya dalam jangka panjang.

3. Gunakan penyekat yang baik untuk rumah Anda

Penyekat hemat energi memiliki bahan dan bentuk yang beragam. Apapun pilihan Anda, memasang penyekat yang baik adalah salah satu langkah mudah dan murah menciptakan rumah yang berwawasan lingkungan. Penyekat ruang bisa berbentuk tirai, hordeng serta penutup jendela dan lantai yang bisa melindungi bangunan Anda dari panas dan dingin cuaca.

4. Menyimpan air

Menghemat air adalah salah satu aspek terpenting dalam rumah berwawasan lingkungan. Ada banyak cara untuk melakukannya. Anda bisa membeli peralatan kamar mandi seperti shower, toilet dan kran air yang hemat air dan energi. Di luar rumah, Anda bisa menciptakan sistem irigasi yang didesain khusus sehingga mampu menampung dan menghemat air.

5. Tingkatkan nilai properti Anda

Biaya renovasi hijau kini makin terjangkau. Kontraktor berwawasan lingkungan semakin banyak ditemui. Renovasi rumah hijau menjadi cara terbaik untuk meningkatkan nilai dan imbal hasil investasi (ROI) bangunan dalam jangka panjang. Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan untuk rumah Anda seperti bambu untuk lantai, dan memasang panel energi alternatif seperti energi angin dan surya. Semuanya akan menambah daya tarik rumah hijau Anda.

Sumber: Talking About Green dan Hijauku.com
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: