Pesona Lumba Lumba Lampung Barat

lumba-lumba. foto : istimewa
Lumba-lumba. foto : istimewa
LIWA BL-Alam Nusantara memang indah, salah satu wisata bahari yang menarik untuk dijelajahi adalah Lampung Barat. Selain memiliki paranoma pantai yang indah, kawasan perairan Lampung Barat juga menjadi habitat kawanan lumba-lumba.


"Ratusan lumba lumba yang ada di perairan pesisir Lampung Barat terjaga baik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata bahari daerah ini," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung Barat, Nata Djudin Amran, di Liwa Senin. Nah menariknya lagi sebagian besar masyarakat pesisir Lampung Barat memiliki kesadaran yang tinggi untuk menjaga kelestarian populasi lumba lumba.

Menurut Nata, potensi jelajah bahari menjadi pilihan bagi wisatawan asing maupun domestik yang berkunjung di Lampung Barat untuk menikmati ratusan lumba lumba di perairan tersebut."Saya meyakini panorama laut yang indah itu, mampu memberikan kontribusi besar terhadap kunjungan wisatawan asing dan domestik pesisir, dan terlihat hampir setiap harinya para turis itu menikmati kawanan lumba lumba yang muncul di laut kawasan laut tersebut," katanya.

Kemudian lanjut dia, wisata bahari di Lampung Barat belum terkelola dengan baik, dan menjadi peluang investasi bagi investor.Kabupaten Lampung Barat memiliki berbagai potensi lokal yang layak untuk dikembangkan, kawasan pesisir Lampung Barat juga kaya akan potensi wisata bahari dimana terdapat dua pulau yang dapat dijadikan ekowisata bahari yakni Pulau Betuah dan Pulau Pisang.

Dua pulau tersebut diketahui terdapat ratusan ribu ikan lumba lumba, terjaganya populasi ikan tersebut disebabkan larangan masyarakat untuk menangkap ikan lumba-lumba sehingga populasi ikan lumba lumba meningkat setiap tahunnya.

Keelokan panorama laut memberikan penawaran bagi wisatawan asing dan domestik untuk menjelajah di perairan Lampung Barat, sehingga kegiatan tersebut sebagai sarana rekreasi dan pengetahuan. Sebagian besar wisata bahari di pesisir Lampung Barat belum terkelola maksimal, sehingga menjadi peluang investasi bagi pemodal untuk bermitra dengan Lampung Barat.

Kawasan pesisir juga memiliki ketinggian ombak mencapai 5 meter dan panjang gelombang 200 meter, Tanjung Setia menjadi salah satu Pantai dengan ombak tertinggi di dunia, setiap tahunnya tidak kurang dari 100 ribu wisatawan asing yang berasal dari Australia, Portugal, Belanda, Jepang dan Amerika berkunjung ke pantai ini untuk melakukan aktifitas Surfing.

Potensi wisata bahari dapat berhasil bila semua pihak dapat bekerja ekstra, sehingga Lampung Barat dapat menjadi daerah tujuan wisata nasional juga internasional. Sementara itu Bupati Lampung Barat, Mukhlis Basri mengatakan, pemerintah akan memberikan kesepatan bagi pihak investor mengelola potensi bahari di Lampung Barat."Kami akan memberikan kemudahan bagi investor untuk mengembangkan kawasan bahari pesisir Lampung Barat, selain itu keindahan yang dimiliki menawarkan peluang usaha sektor pariwisata," kata Mukhlis menambahkan.

Bupati menjelaskan, keindahan pantai pesisir mampu memikat wisatawan mancanegara. Menurut dia, wisata bahari Lampung Barat dapat menjadi tujuan wisata Nasioanl dan Internasional."Saya berharap pemerintah pusat membantu Lampung Barat dalam mengembangkan pariwisata di kawasan pesisir ini, sehingga Lampung Barat dapat dijadikan daerah tujuan wisata Nasional dan Internasioanl dan menjadi kebanggaan bagi Indonesia,"tandanya. (Ant).
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: