Turki Serukan Pertemuan Darurat OKI Atasi Bencana Kelaparan Somalia


ISTAMBUL, BL- Turki menyerukan 57 negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI) untuk menyelenggarakan pertemuan darurat upaya menangani bencana kelaparan di Somalia dan risiko bencana serupa melanda ke negara-negara Afrika lainnya, Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu mengatakan Jumat kemarin (5/8).

"Tidak peduli apakah pertemuan tersebut diadakan di Istanbul atau Jeddah, kami ingin OKI untuk mengambil langkah sesegera mungkin. Kami ingin memenuhi kebutuhan saudara-saudara Afrika kami di bulan Ramadhan ini," katanya kepada wartawan di Ankara setelah shalat Jumat seperti dilansir Eramuslim.com.

Davutoglu mengatakan ia telah membuat permintaan pada hari Kamis lalu kepada Sekretaris Jenderal OKI Ekmeleddin Ihsanoglu. Dia menambahkan bahwa pihaknya telah mengorganisir kunjungan ke Ethiopia dan Afrika Selatan pada akhir bulan ini."Kita dapat menambahkan negara lain termasuk Kenya yang juga bakal terkena bencana kelaparan dalam perkembangan terakhir. Kami berencana mengunjungi negara itu setelah 15 Agustus, mungkin sekitar 20 Agustus," kata Davutoglu.

Sekitar 3,7 juta warga Somalia beresiko mengalami kelaparan, mayoritas dari mereka di selatan negara Tanduk Afrika itu dalam kondisi anarki bersenjata selama dua dasawarsa, yang membuat upaya bantuan kemanusiaan menjadi sulit.

Ratusan ribu telah melakukan perjalanan berbahaya ke ibukota Mogadishu dan daerah-daerah terpencil dalam mencari bantuan pangan. Pada hari Jumat, seorang tentara Somalia tewas dan selusin warga terluka ketika tiga truk penuh dengan makanan yang ditujukan untuk korban kelaparan dijarah di Mogadishu, kata saksi mata.(fq/reu/eramuslim)
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: