Turki Diguncang Gempa, 1000 Orang Tewas

Bangunan hancur diguncang gempa di Turki.  Foto :AFP PHOTO/ANATOLIA NEWS AGENCY/ABDURRAHMAN ANTAKYALI
Bangunan hancur diguncang gempa di Turki. Foto :AFP PHOTO/ANATOLIA NEWS AGENCY/ABDURRAHMAN ANTAKYALI

TURKI-BL, - Diperkirakan sekitar seribu orang tewas  tertimpa reruntuhan gedung yang rubuh akibat gempa dahsyat berkekuatan 7,6  yang mengguncang kota Van, Turki, Minggu (23/10/2011) yang terletak pada kedalaman 5 kilometer (3 mil).

"Diperkirakan 500 hingga 1.000 orang tewas akibat gempa," ujar Kepala Institut Seismological Kandili di Istanbul, dalam jumpa pers. Ratusan gedung di wilayah itu dilaporkan runtuh  diguncang  gempa.

Petugas gawat darurat berjuang untuk menyelamatkan penduduk yang terjebak di dalam reruntuhan gedung-gedung di kota Van dan wilayah di sekitarnya di tepi Danau Van, dekat perbataan Turki dan Iran. Pemerintah Turki sendiri mengirimkan bantuan telepon satelit ke daerah yang banyak dihuni oleh suku Kurdi tersebut. Pasukan militer juga akan dikirim untuk melakukan pertolongan.

Sejumlah televisi internasional menayangkan kepanikan para penduduk yang mencoba menggali hanya dengan menggunakan sekop dan alat gali lainnya untuk menolong orang-orang yang terperangkap dalam reruntuhan gedung bertingkat 8. Diperkirakan banyak orang harus bermalam di luar dengan suhu udara yang mencapai 3 derajat celcius. "Orang-orang panik. Layanan telekomunikasi putus. Kami tidak bisa berhubungan dengan orang lain," ucap Wali Kota Van Bekir Kaya kepada stasiun televisi NTV.
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: