Komodo Masuk Daftar Keajaiban Dunia

Komodo, foto: new7wonders.com.
Komodo, foto: new7wonders.com.

JAKARTA, BL-Berkat dukungan yang massif dari masyarakat Indonesia, akhirnya Taman Nasional Komodo berhasil masuk daftar sementara tujuh keajaiban dunia baru versi alam yang dilakukan Yayasan New7Wonders.

Pengumuman hasil voting tersebut dilrilis melalui  laman New7Wonders.com pada Jumat (11/11) pukul 19.00 GMT atau pukul 02.00 WIB pada Sabtu (12/11). Setidaknya ada  28 finalis yang ikut berkompotisi dalam pemilihan tujuh keajaiban dunia tahun ini.

Menurut pihak New7wonders.com, pengumuman tujuh keajaiban dunia baru versi alam hasil voting dari masyarakat seluruh dunia baru  masih bersifat sementara, sehingga kemungkinan untuk berubah masih bisa terjadi bersamaan dengan terus berjalannya proses penghitungan sekaligus validasi terhadap voting-voting yang dilakukan dengan SMS di masing-masing negara.

Hasil yang diumumkan sementara ini masih berdasarkan perhitungan awal dari voting melalui online yang masuk ke dalam situs resmi panitia penyelenggara sampai program tersebut ditutup pada Jumat (11/11) pukul 11.11 GMT atau sekitar pukul 18.11 WIB. Panitia dalam situs N7W mengkonfirmasikan bahwa sampai saat ini proses penghitungan dan verifikasi masih terus berlangsung serta dibutuhkan waktu sampai beberapa pekan ke depan untuk mengkalkulasi dan menggabungkan hasil voting online dan voting SMS.

Dalam daftar sementara yang dirilis panitia penyelenggara, finalis yang berhasil masuk daftar sementara new7wonders yakni Amazon, Halong Bay, Iguazu Falls, Jeju Island, Komodo, Puerto Pricesa Underground River, dan Table Mountain. Pengumuman pemenang atau hasil akhir voting yang telah dikonfirmasi secara resmi akan dilakukan pada 2012 pada saat acara inagurasi New 7 Wonders of Nature.

Sekedar diketahui, Taman Nasional Komodo mencakup tiga pulau besar Komodo, Rinca dan Padar, serta banyak lagi pulau-pulau yang lebih kecil, dengan total luas 1.817 kilometer persegi (603 kilometer perseginya daratan). Salah satu satwa purba yang masih bertahan  yang hingga kini mendiami taman nasional yang terletak di sebuah selat antara Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sumbawa di Nusa Tenggara Barat (NTB) itu adalah Komodo.

Komodo menyandang nama latin Varanus komodoensis merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2 hingga 3 meter. Taman Nasional Komodo ditetapkan tahun 1980 untuk melindungi komodo dan spesies lain, termasuk hewan laut. (Marwan Azis).
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: