Aceh-Papua Diguncang Gempa

Malam ini (5/12) gempa melanda dua wilayah di Indonesia yaitu Papua dan Aceh. Foto : Gempa Papua yang dirilis BMKG.
Malam ini (5/12) gempa melanda dua wilayah di Indonesia yaitu Papua dan Aceh. Foto : Gempa Papua yang dirilis BMKG.

JAKARTA, BL-Ujung barat dan timur Indonesia dalam waktu yang hampir bersamaan diguncang gempa. Gempa berkekuatan 5,1 skala mengguncang wilayah kawasan Sinabang, Nangroe Aceh Darussalam (NAD) pada Senin (5/12/2011), sekitar pukul 01.09 WIB. 

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun twitter resminya,  gempa yang melanda Aceh terjadi di kedalaman 10 kilometer. Lokasi gempa berada pada 1.48 LU - 95.26 BT. Terletak di 165 kilometer barat daya Sinabang, provinsi NAD. Gempa juga berjarak dari 260 kilometer Barat Laut Gunung Sitoli.

Peristiwa serupa juga terjadi melanda bagian timur Indonesia, tepatnya di Oksibil, Papua  yang terjadi sekitar  pukul 01.53.01 WIB. Gempa tersebut berkekuatan 5,7SR. Lokasi gempa berada pada 5.41 LS-140.40 BT. Titik gempa berada pada kedalaman 14 Km. 

Hingga berita ini ditulis, belum ada laporan tentang kerusakan yang ditimbulkan  gempa  yang terjadi di Aceh maupun di Papua.  Namun menurut pihak BMKG, kedua gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. (Marwan Azis).
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: