Trenggalek Terendam Banjir

Trenggalek,BL-Ratusan rumah di Kecamatan Trenggalek dan Pogalan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, hingg Kamis (23/02) masih terendam banjir pada ketinggian lebih dari satu meter, akibat meluapnya air Sungai Ngasinan. Banjir sendiri sudah menggenangi kawasan tersebut sejak Selasa (21/02) Sore.

Banjir ini disebabkan oleh meluap air ke perkampungan warga setelah dua buah tanggul di sungai Ngasinan jebol. Tanggul jebol karena tidak mampu menampung tingginya curah hujan yang terjadi lebih dari lima jam.

Berdasarkan informasi yang di terima Berita Lingkungan dari  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek, diketahui banjir kali ini merandam empat desa yakni Kelurahan Tamanan, Ngares serta Kelutan Kecamatan Trenggalek dan Desa Ngadirenggo di Kecamatan Pogalan. Seluruh wilayah yang terendam banjir tersebut berada di bantaran sungai Ngasinan yang rutin menjadi langganan banjir.

"Saat ini kami masih melakukan pemantauan dilapangan, tapi kondisinya tidak terlalu parah, karena air ini sudah mulai surut," ujar Suprapto, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek melalui rilis yang kami terima

Data sementara BPBD Trenggalek, luapan air sungai tersebut tidak sampai menyebabkan adanya korban jiwa maupun kerusakan infrastruktur parah. BPBD juga mengimbau warga agar terus meningkatkan kewaspadaan, terutama dalam mengantisipasi bahaya banjir kiriman dari kawasan pegunungan, mengingat curah hujan di kawasan tersebut masih cukup tinggi.

BPBD Kab. Trenggalek dan instansi terkait juga sudah mengirimkan bantuan berupa makanan siap saji, membuat Dapur umum, lauk pauk, sembako dan kebutuhan air bersih. Sementara itu, BPBD Prov. Jatim sudah memberikan bantuan 1.600 paket makanan siap saji ke BPBD Kab. Trenggalek. (Jekson Simanjuntak)
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: