5 Orang Hilang Saat Gelombang Pasang Terjang Kalsel

BANJARMASIN, BL-Bencana puting beliung dan gelombang pasang melanda beberapa wilayah di Kalimantan Selatan pada Senin (19/3) pukul 15.00 Wita. Akibat kejadian ini ribuan orang menderita dan puluhan rumah rusak.

“Dampak yang ditimbulkan 5 orang belum ditemukan, sekitar 3.000 orang menderita, puluhan rumah rusak.” ujar Kepala Pusat Informasi dan Data BNPB, Sutopo Purwo Nugroho kepada beritalingkungan.com, Selasa (20/3).

Tercatat 6 kabupaten/kota di 86 desa terkena bencana yaitu Banjarmasin (15 desa), Kab. Tanah Laut (29 desa), Kab. Tanah Bumbu (20 desa), Kab Kota Baru (10 desa), dan Kab Barito Kuala (12 desa). 

Menurut data yang diterima BNPB kejadian terjadi pada Senin sore hari pukul 15.00 Wita. Saat itu, awan berubah gelap dan pada saat bersamaan air laut pasang.  Air laut ini kemudian bergerak  ke darat dengan kecepatan di atas normal sehingga merendam rumah penduduk. Kondisi air pasang ini terjadi selama 3,5 jam.

“Pada saat kejadian masyarakat berhamburan melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi karena beredar isu tsunami”,  tutur Sutopo.

BPBD provinsi dan BPBD kab/kota dibantu tim SAR telah melakukan koordinasi untuk penanganan korban. Bersama masyarakat mereka melakukan penyisiran.“BPBD telah mendirikan posko tanggap darurat. SKPD yang membawa  bantuan sudah diberikan kepada masyarakat”, pungkasnya.

Saat ini logistik dan peralatan yang dibutuhkan oleh pengungsi sudah tersedia. Kendati demikian, masih terbuka kemungkinan untuk pemberian bantuan, seperti makanan, selimut dan pakaian. Bencana ini merupakan yang terburuk dalam 10 tahun terakhir. (Jekson Simanjuntak)
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: