Bantul Di Guncang Gempa 4,2 SR

BANTUL, BL-Gempa berkekuatan 4,2 SR kembali mengguncang Yogyakarta, tepatnya di daerah Bantul. Berdasarkan informasi dari BNPB, gempa berada pada lokasi 20 KM tenggara Bantul, DIY. Pusat gempa terletak di 8.09 LS-110.39 BT  dengan kedalaman 10 KM.

Gempa ini terjadi pada Senin (19/03) pukul 09:19:36 WIB. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini. Kerusakan juga belum ditemukan. Meski demikian, BPBD Propinsi DIY bersama dengan BPBD Kab. Bantul  sedang mendata kerusakan yang mungkin terjadi akibat gempa tersebut.

Saat ini, aktivitas warga telah normal seperti biasa.  Warga juga diimbau untuk tetap waspada. Pasalnya, gempa dapat terjadi sewaktu-waktu dan tidak ada seorang pun yang tahu. Pengalaman gempa pada 2006 silam, telah memberi pelajaran yang berharga bagi masyarakat.  Saat ini, warga telah mengerti apa yang harus dilakukan.

Gempa yang terjadi merupakan gempa tektonik, yang diakibatkan oleh bergeraknya lempeng-lempeng atau kerak bumi. Tiap tiap lapisan memiliki kekerasan dan massa jenis yang berbeda satu sama lain. Lapisan kulit bumi tersebut mengalami pergeseran akibat arus konveksi yang terjadi di dalam bumi. Gesekan antar lempengan ini yang  menyebabkan gempa. (Jekson Simanjuntak)
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: