Gempa 5.1 Goncang Sukabumi

SUKABUMI, BL-Gempa berkekuatan 5,1 skala Richter kembali menggoncang Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (29/2). Pusat gempa diketahui berada di 78 kilometer barat daya Sukabumi dengan kedalaman 10 kilometer.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi pada pukul 20.28 WIB, berlokasi di 7,70 lintang selatan-106,45 bujur timur.  Gempa ini tidak berpotensi tsunami. Pusat gempa juga berada pada 96 kilometer barat daya Cianjur, Jawa Barat, 132 kilometer barat daya Bandung, dan 176 kilometer Jakarta.

Berdasarkan informasi yang di himpun dari BPBD diketahui gempa sempat membuat masyarakat panik, namun berangsur-angsur kembali normal. Tidak ada korban jiwa dalam gempa kali ini. Bangunan juga tidak ada yang rusak.

''Untuk sementara kami belum mendapatkan laporan adanya kerusakan. Tim sedang melakukan koordinasi dengan lembaga-lembaga di setiap kecamatan hingga desa,'' ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi Perry A Furqon.

Sebelumnya, pada 24 Juli 2011, Sukabumi sempat di guncang gempa berkekuatan 5.5 Skala Ricther (SR). Saat itu getarannya terasa di hampir seluruh wilayah kota dan kabupaten. Kejadian ini membuat panik warga tak terkecuali dengan wisatawan yang sedang berlibur di Pelabuhan Ratu. Kendati membuat panik warga, saat itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tidak mendapatkan laporan adanya korban jiwa maupun kerusakan akibat gempa tersebut. (Jekson Simanjuntak)
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: