Gempa 5,5 SR Guncang Bengkulu

BENGKULU, BL- Gempa berkekuatan 5,5 SR terjadi di kawasan Seluma, Bengkulu. Pusat gempa berada di laut di bagian lempeng Eurasia luar, bukan di zona subduksi. BMKG memastikan gempa ini tidak menimbulkan gelombang tsunami.

Dari informasi BMKG, diketahui, gempa ini terjadi pada Senin (5/3/2012) pukul 06.17 WIB, tepatnya 46 km sebelah tenggara Seluma. Pusat gempa berada di 46 km Tenggara Seluma-Bengkulu, dengan kedalaman 15 Km.

Setelah dilakukan pengecekan oleh Posko BNPB diketahui bahwa getaran gempa dirasakan lemah oleh masyarakat dengan intensitas gempa hanya II-IV MMI (lemah hingga ringan). Akibatnya tidak ada bangunan yang rusak.

Saat ini aktivitas warga telah berjalan normal kembali. Kendati demikian, anjuran untuk selalu waspasa tetap diperlukan. BPBD setempat juga sedang memantau lokasi untuk memperoleh informasi lebih detil."Aktivitas warga kembali normal seperti biasa," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB,Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran persnya.

Untuk mengetahui peta dampak getaran gempa (shakemap) terkini lengkap dengan intensitasnya, masyarakat bisa  membuka situs BNPB www.bnpb.go.id. (Jekson Simanjuntak)
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: