Aktivitas Gunung Lokon Meningkat



TOMOHON, BL-Aktivitas Gunung Lokon di Kota Tomohon, Propinsi. Sulawesi Utara kembali meningkat. Sejak pukul 12:00-18:00 WITA pada Senin (23/04)  Pusat Vulkanologi Meteorologi Bencana Gunung Berapi (PVMB)G mencatat adanya getaran yang menyebabkan gempa dalam frekuensi besar.

Temuan ini dilaporkan oleh kepala PVMBG kepada Kepala BNPB dan Kepala BPBD Sulawesi Utara, terkait peningkatan aktivitas Gunung Lokon.

Dalam laporan tersebut disampaikan bahwa secara Visual: tampak asap kawah putih tipis tinggi 50m dari kawah. Kegempaan terjadi 3 kali berupa gempa tektonik, 11 kali gempa vulkanik dalam, 34 kali gempa vulkanik dangkal dan 3 kali gempa hembusan asap dan getaran tremor vulkanik menerus amplituda maximum 4mm.

"Peningkatan kegempaan tercatat sejak pukul 16:00 WITA s/d sekarang", ujar Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data dan Humas BNPB..

Jika peningkatan terus berlangsung, gunung ini berpotensi metus. Hingga saat ini status Gunung Lokon masih Siaga (level III).

Untuk itu, Pemkot Tomohon, BPBD Kota Tomohon dan BPBD Prov. Sulut agar bersiap-siap menerapkan penanganan bencana."Masyarakat dlm radius 2.5 km dari Kawah Tompaluan diminta untuk tidak melakukan aktivitas yang bisa membahayakan diri dan terus meningkatkan kesiapsiagaannnya" pungkasnya. (Jekson Simanjuntak).

Foto : Gunung Lokon By Flickr.com/Douple.
 
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: