Atasi Banjir Pemerintah Anggarkan 2.3 Triliun

JAKARTA, BL-Guna mengatasi banjir di Jakarta, pemerintah kini telah mengalokasikan dana sebesar Rp. 2,3 triliun. Dana tersebut  untuk normalisasi tiga sungai, yakni: Pesanggrahan, Angke dan Sunter. Pelaksanaannya dimulai tahun 2011-2014.

Per tahun dialokasi Rp.600 miliar yang dilakukan oleh Kementerian PU dan Pemprov DKI. PU menangani aspek teknis untuk konstruksinya, dan DKI untuk masalah pembebasan lahan. Atau untuk Kali Pesanggrahan dan Angke sekitar Rp 400 milyar.
 “Dengan normalisasi, kapasitas debit sungai meningkat empat kali lipat dari debitnya pada saat ini, kata "Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho.

Pada tahun ini akan dilakukan normalisasi Kali Pesanggrahan sepanjang 8 km dan Kali Angke 6 km. Total normalisasi Kali Pesanggrahan 26,7 km dengan melebarkan sungai dari 10-15 meter menjadi 30-40 meter.“Akibatnya debit sungai akan meningkat dari 30 m3/detik menjadi 220,3 m3/detik”, paparnya.

Normalisasi Sungai Angke juga dilakukan sepanjang 20 KM, dengan melebarkan dari 10-15 meter menjadi 27-30 meter pada akhir 2014. Kapasitas debit air juga akan meningkat dari 16 m3/detik menjadi 200 m3/detik.

Namun keberhasilan normalisasi tersebut sangat tergantung pada peran serta masyarakat dan dunia usaha. Sebab saat ini banyak masyarakat yang tinggal di bantaran sungai. Bahkan tidak sedikit rumah dibangun di dalam badan sungai, sehingga masalah pembebasan lahan menjadi sulit. (Jekson Simanjuntak)
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: