Banjir Kepung Jakarta


JAKARTA, BL- Curah hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Senin (2/4) hingga kemarin menyebabkan banjir di beberapa tempat di Jakarta.

Diantaranya, Kali Pesanggrahan, Kali Angke dan Kali Krukut yang menggenangi wilayah di Jakarta Barat, Jakarta Selatan hingga Tangerang. Banjir yang terjadi tingginya mencapai 1,5 meter.

Di Jakarta Timur, banjir terjadi di Kec. Pasar Rebo (Kel. Kali Sari,  Kel. Cijantung) dan Kec. Jatinegara (Kel. Kampung Melayu). Banjir terjadi akibat luapan Kali Ciliwung. Sedangkan di Jakarta Selatan, banjir menggenangi Kec Pesanggrahan (Kel. Cipedak dan Kel. Ulujami) dan Kec. Kebayoran Baru (Kel.Petogogan). 

“Tidak ada korban jiwa dari banjir tersebut. Ratusan rumah terendam banjir, sebagian masyarakat mengungsi dan kemacetan parah terjadi di beberapa tempat”, kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB kepada beritalingkungan.com.

Di Kecamatan Pesanggrahan dan Kebayoran baru terdapat 6 RW yang terendam dengan pengungsi 850 jiwa karena tergenang banjir 30-150 cm. Sementara di wilayah Kp. Melayu, Kec Jatinegara, wilayah terkena banjir RW 01, RW 02, RW 03, RW 04, RW 05, RW 07, warga terdampak 1.068 KK dengan ketinggian genangan 20-100 cm.

BPBD Prov. DKI Jakarta bersama Sudinkes dan Dinas Suku Dinas PU Jaktim sudah berada di lokasi untuk memantau setiap perkembangan. Sudinsos menyediakan 250 paket nasi box.

Posko Banjir dan tempat pengungsian telah disiagakan untuk mengantisipasi banjir sejak Rabu pagi. Posko banjir di pusatkan di aula berkapasitas 500 jiwa dan beberapa tenda telah didirikan.

Berdasarkan prakiraan BMKG, Potensi banjir masih terjadi hingga 3 hari ke depan. Wilayah Jakarta akan masih diguyur hujan dengan intensitas ringan, sedang dan lebat.

Daerah-daerah yang terendam banjir saat ini diharapkan tetap meningkatkan kesiapsiagaan. Banjir yang terjadi pada daerah-daerah tersebut disebabkan oleh sempitnya alur dan lebar sungai.“Saat ini lebar sungai hanya berkisar 5 meter, bahkan ada yang  hanya 3 meter, padahal minimal idealnya 15 meter. Tidak aneh jika daerah-daerah tersebut rentan banjir”, tandasnya.

Foto : Marwan & Naskah : Jekson Simanjutak | Jakarta  
 

Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: