Banjir Rendam Parigi Mountong

Ilustrasi banjir. Foto : Istimewa.
MOUNTONG, BL- Banjir merendam dua kecamatan di Kabupaten Parigi Mountong, Sulawesi Tengah. Dua desa tersebut adalah Desa Tinombala di  Kecamatan Ongka dan Desa Ogoalas di Kecamatan Mepenga.

Banjir yang terjadi pada Kamis (19/4) subuh pukul 05.00 Wita merupakan banjir kedua. Sebelumnya pada tanggal 15 April 2012 telah terjadi banjir di daerah tersebut."Banjir menimbulkan 1 orang meninggal dunia karena terseret arus sungai dan pengungsi 20 KK", ujar Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data dan Humas BNPB.

Akibat banjir, kerugian materiil meliputi 3 rumah hanyut, 36 rumah rusak berat, dan 17 rumah rusak ringan. Banjir juga menggenangi 242 unit rumah, 125 ha perkebunan dan 150 ha sawah. Kerusakan lain 1 km saluran irigasi rusak dan 3 km jalan rusak.

" Pemerintah Daerah telah menetapkan masa tanggap darurat sejak tgl 15 April s.d 29 April 2012", ujarnya.
Masyarakat telah evakuasi ke kantor Kecamatan. Saat ini BPBD masih melakukan penanganan darurat dan pendataan di lokasi bencana. Posko tanggap darurat telah didirikan dan BPBD bersama Dinas Sosial, Dinas PU, Dinas Kesehatan, TNI, Polri dan lainnya melakukan penanganan darurat.

"Kebutuhan mendesak antara lain: makanan siap saji, selimut dan Family kid.", pungkasnya. (Jekson Simanjuntak)
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: