Tsunami Terdeteksi di Sabang dan Meulaboh

Warga Aceh panik pasca gempa mengguncang Bumi Serambi Mekah. Foto : Ist.
JAKARTA , BL- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengumumkan bahwa tsunami kecil telah terdeteksi di wilayah Sabang dan Meulaboh.
"Pada pukul 17.00 WIB terdeteksi di Sabang ketinggian 0,06 meter sementara pada pukul 17.04 WIB di Meulaboh 0,8 meter," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Rabu. 

Sebelumnya Pemerintah Indonesia mengeluarkan peringatan dini tsunami diberlakukan di lima wilayah di Indonesia yang baru saja dilanda gempa bumi."Peringatan dini tsunami di lima wilayah, yakni Bengkulu, Lampung, Aceh, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho seperti dikutip Antara, Rabu (11/4/2012).

Sutopo menjelaskan, peringatan tsunami tersebut sebagai dampai gempa berkekuatan 8,9 skala Richter pada pukul 15.38.29 pada kedalaman 10 kilometer atau 364 km barat daya Kabupaten Simeulue. Gempa bumi susulan dengan kekuatan 8,5 SR kembali menggoyang Aceh pada pukul 15.38.33. "Saat ini, kami masih terus melakukan koordinasi dengan badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) setempat," katanya.(Ant)
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: