Gambir Jadi Percontohan Stasiun Go Green



JAKARTA, BL-Kereta api menjadi salah satu  sarana transportasi masal yang banyak digunakan, terutama  warga yang berdomisili di Jabodetabek.

Setiap harinya, tak kurang dari  500.000 orang menaiki kereta yang beroperasi di seluruh wilayah Jabodetabek. Untuk itu, lingkungan yang bersih dan nyaman perlu diciptakan, supaya penumpang merasa nyaman menggunakan layanan transportasi kereta api.

Berbagai gebrakan pun mulai dilakukan pihak KAI, diantaranya adalah memilih beberapa stasiun untuk dijadikan contoh stasiun ramah lingkungan. Stasiun Gambir yang merupakan stasiun terbesar di Jakarta dipilih menjadi  percontohan stasiun ramah lingkungan (Go Green).

"Sudah dua tahun yang lalu, kebersihan di Stasiun Gambir bisa dirasakan, tidak ada lagi puntung rokok bertebaran di mana-mana,”kata Mateta Rijalulhaki Kepala Humas Daerah Operasi 1 Jakarta ketika ditemui di Stasiun Gambir (25/4). Selain itu, Stasiun Kota dan Stasiun Senen juga terpilih menjadi contoh stasiun terbersih di Jakarta.   

Menurut Mateta, tanpa peran serta masyarakat untuk turut serta menjaga kebersihan, maka stasiun yang bersih tidak mungkin tercipta.”Oleh karena itu, kami sengaja memasan sejumlah spanduk-spanduk yang sifatnya imbauan agar masyarakat ikut berperan menjaga kebersihan stasiun, demi kenyamanan kita bersama,”jelasnya.

Namun menurut Elinda salah seorang penumpang dari Cirebon pernah mengunjungi ketiga stasiun itu menilai, Stasiun Senen masih berada di bawah dari kedua stasiun lainnya (Gambir dan Kota) dalam soal kebersihan dan kenyamanan.  (Putri Jasari Dona).

Foto : Infopublik.kominfo.go.id
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: