Tiga Orangutan dikembalikan ke habitatnya

Kutai, BL- Tiga menteri Kabinet Indonesia Bersatu II yaitu Menko Perekonomian, Hatta Rajasa, Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan, dan Menteri Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya, kemarin melepas secara simbolis tiga orangutan ke habitatnya di Kehje Sewen Kabupaten Kutai Timur, Kalimatan Timur.

Ketiga orangutan berumur 8 tahun bernama Casey, Lesan, dan Mail, dibawa dengan helikopter dari Program Reintroduksi Orangutan Kalimantan Timur di Samboja Lestari menuju Kehje Sewen di  Kutai Timur.

Hutan Kehje Sewen yang memiliki luas 86,450 hektar merupakan kawasan restorasi ekosistem yang hak pengelolaannya di pegang oleh PT RHOI (Restorasi Habitat Orangutan Indonesia) yang diperoleh melalui Skema Restorasi Ekosistem atau Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Restorasi Ekosistem (IUPHHK-RE) pada tahun 2011.

Pemberian IUPHHK RE kepada PT RHOI, merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Indonesia untuk menjaga, melindungi, menyelamatkan, dan melestarikan orangutan dengan harapan orangutan tersebut dapat hidup dan berkembang biak kembali dengan baik di habitat alamnya.

Pelepasan orangutan masih akan dilakukan, Direktur Yayasan Borneo Orangutan Survival Fundation (BOSF), Dr. Jamartin Sihite mengatakan, semua orangutan sehat dan mampu di pusat-pusat rehabilitasi harus dikembalikan kehabitat alami mereka paling lambat tahun 2015. (Rinanda Ariani).

Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: