Puluhan Penyelam Ramaikan Lemukutan Camp

Peserta pelatihan selam di Lemukutan. Foto: dok Sakawana/Yansoe.
PONTIANAK, BL - Sebanyak 21 peserta pelatihan dan sertifikasi selam dipastikan turun ke perairan Pulau Lemukutan, Kabupaten Bengkayang, berbarengan dengan kegiatan Lemukutan Camp pada 26-27/05 mendatang.
Mereka terdiri dari para penyelam Perhimpunan Penjelajah Alam Terbuka Sakawana, Mapala Teknik Untan dan diver POSSI Kalbar itu sendiri. “Penyelaman ini dalam rangka ujian pengambilan sertifikasi selam, baik itu untuk jenjang A1 (one star) maupun jenjang A2 (two star),” kata  Ketua Panitia Lemukutan Camp, Bearing hari ini.

Peraturan dalam sertifikasi selam memang mensyaratkan setiap calon penyelam atau mereka yang naik tingkat harus mengikuti sesi latihan laut terbuka atau tes kemampuan laut di akhir kegiatan.

“Sebelumnya para peserta terlebih dahulu mengikuti sesi pengetahuan akademis penyelaman secara teoritis di dalam kelas dan latihan keterampilan kolam atau simulasi di kolam renang,” papar anggota Sakawana bernomor SW-017 POR tersebut. Bearing mengatakan, secara teknis kegiatan ini mendapat dukungan dari Pengurus Daerah Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Pengda POSSI) Kalimantan Barat.

Kegiatan yang digelar sejak kamis lalu ini dibimbing langsung oleh instruktur POSSI Kalbar Hermanus Irwan Dirgantara. Irwan yang mengantongi lisensi instruktur B-2 tersebut, mengatakan wajib sifatnya bagi setiap calon penyelam mengikuti seluruh rangkaian tersebut.

 “Kemampuan mengaflikasikan apa yang didapat dari teori di dalam kelas dan simulasi di kolam renang, akan diuji di perairan laut terbuka. Jika dinyatakan lulus, mereka berhak menyandang sebutan penyelam atau diver,” papar Irwan.

Selain diikuti oleh 21 penyelam, kegiatan Lemukutan Camp juga akan diikuti oleh para peminat wisata bahari lainnya. Mereka yang mendaftar kebanyakan bertujuan sekedar berwisata, tetapi ada juga yang bertujuan untuk menyalurkan hobi seperti memancing, fotografi dan bersepeda keliling pulau.

 “Untuk alasan keselamatan dan kenyamanan peserta, kami akan membatasi jumlah peserta. Untuk pendaftaran, panitia masih membuka hingga Rabu mendatang,” papar Ketua Umum Sakawana, Iswono.(Aceng Mukaram)
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: