Badak Jawa Bertambah, Badak Sumatera Akan Cetak Sejarah


Si Ratu, seekor badak betina yang sedang hamil tua di Taman Nasional Way Kambas,  diperkirakan  melahirkan bulan depan. Bila anaknya selamat ia akan mencetak sejarah penangkaran badak Jawa selama 124 tahun. 

Taman Nasional Way Kambas akan mencetak sejarah bila Si Ratu, seekor badak Sumatera berhasil melahirkan bulan Juli nanti.Inilah pertamakalinya sejak 124 tahun,  seekor badak berhasil melahirkan di penangkaran.

Populasi badak Jawa  di Taman Nasional Ujung Kulon, Jawa Barat mengalami peningkatan. Hasil rekaman video Aspinall Foundation yang dipasang sepanjang tahun 2011 menunjukkan terdapat sedikitnya 35 individu badak Jawa, diantaranya lima ekor berusia muda. Dari 35 individu tersebut, terdapat 22 badak jantan dan 13 badak betina.

Kepala Taman Nasional Ujung Kulon Mohammad Haryono kepada media massa menjelaskan, ada lima ekor badak Jawa berusia muda yang terekam dalam video Aspinall Foundation yang dipasang sepanjang tahun 2011 di areal seluas 122.451 hektare. Jumlah populasi badak Jawa ini akan terus bertambah jika kondisi tetap terjaga dengan baik.

Peningkatan populasi ini menjadi kabar baik disusul dengan dideklarasikannya Tahun Badak Internasional oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selasa lalu (5/6). Pencanangan tersebut guna untuk menyandartahukan pentingnya pelestarian dan peningkatan populasi badak bagi Indonesia dan dunia. Tahun Badak Internasional akan berlangsung pada tahun 2012 hingga 2013. Pencanangan ini didukung oleh banyak negara seperti Afrika Selatan, Bhutan, Nepal, India, Zimbabwe dan Malaysia.

Adhi Rachmat Hariyadi, Koordinator Program Konservasi Badak World Wildlife Fund (WWF), mengatakan kehadiran lima badak Jawa muda ini merupakan keadaan normal bagi tingkat kelahiran badak dalam sepuluh tahun terakhir. "Dengan metode rekaman video yang pernah kami lakukan di TNUK selama tahun 2001 hingga 2010, dalam dua hingga tiga tahun sekali kami mendeteksi adanya badak Jawa muda baru", katanya.

Interval kelahiran badak Jawa empat hingga lima tahun. Hal ini menunjukkan terdapat sedikitnya dalam sepuluh tahun terakhir, lima badak Jawa betina dewasa yang bereproduksi. Kabar baik ini juga disusul di Suaka Badak Sumatera Taman Nasional Way Kambas, Lampung.

Seekor badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) betina bernama Ratu, yang kini tengah hamil tua, diperkirakan akan melahirkan antara bulan Juni sampai Juli mendatang. Kelahiran ini akan menjadi sejarah bagi Indonesia, karena menjadi pertama kalinya setelah lebih dari 124 tahun upaya penangkaran badak dalam kadang dilakukan. (Cita Ariani/ SIEJ)

Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: