Empat tahun BL mengawal pemberitaan lingkungan hidup


Tidak terasa, umur situs Beritalingkungan.com (BL), hari ini telah berumur 4 tahun mengawal pemberitaan lingkungan di Indonesia, bertepatan dengan peringatan hari lingkungan hidup se-dunia (5 Juni).

Melewati waktu 4 tahun, kami diperhadapkan pada banyak situasi yang terkadang kurang menguntungkan, kami juga harus berjibaku dengan berbagai keterbatasan. Namun Alhamdulillah, kami bisa melewatinya. Tantangan terberat bagi kami adalah bagaimana menjaga semangat untuk terus bertahan bersama kawan-kawan sehati dan seperjuangan mengawal pemberitaan lingkungan di Indonesia.
 
Pendirian situs Beritalingkungan.com didasari oleh sebuah keprihatinan sejumlah jurnalis terhadap kondisi lingkungan yang belakangan ini makin memprihatinkan, hutan kita makin hari makin menyempit, gajah dan hariamu terpaksa masuk ke areal pemukiman penduduk, karena habitat mereka  dikonversi menjadi lahan perkebunan.

Kondisi tersebut kian diperparah oleh dampak pemanasan global yang dalam beberapa tahun terakhir ini sangat terasa dampaknya. Sayangnya sebagaian besar media masih menggangap isu lingkungan sebagai isu pinggiran, sehingga tidak banyak media yang memberikan ruang bagi pemberitaan lingkungan.  Inilah sedikit catatan yang mendasari kami pada tanggal 5 Juni 2009 merintis sebuah media online yang kami sebut situs  Beritalingkungan.com. Tanggal tersebut sengaja kami pilih untuk memudahkan mengingat pendirian BL, karena 5 Juni juga dipilih sebagai hari peringatan lingkungan hidup sedunia.   

BL merupakan media independen lingkungan hidup pertama di Indonesia yang berfokus kepada isu lingkungan hidup dan perubahan iklim, dengan beragam rublik seperti  Perubahan Iklim, Bencana, Hutan, Jelajah, Tambang, Laut, Energi, Satwa, Green Lifestyle, Pertanian dan CSR yang disajikan secara mendalam, sesuai fakta akurat dan memenuhi kaidah jurnalistik.

Selain menyajikan berita, situs BeritaLingkungan.net juga menyajikan rublik kolom/opini, green tips, greenpics, green video dan agenda lingkungan yang dikemas dalam bentuk multi media. Semua berita di situs BeritaLingkungan.net adalah berita-berita pilihan, yang dilengkapi dengan konteks, data, sumber yang berimbang dan dikemas ringan dan enak dibaca, tidak menimbulkan dan  menyebarkan prasangka, dan bisa bersahabat dengan semua kalangan termasuk dunia usaha. Dengan demikian pembaca akan mendapat berita aktual seputar isu lingkungan hidup, juga akan mendapatkan perspektif dan pengetahuan yang memadai tentang sebuah peristiwa yang terkait dengan isu lingkungan dan mungkin bisa menjadi panduan bagi siapa pun yang mau  mengambil peran dan berkontribusi dalam pelestarian lingkungan hidup.

Kami meyakini, semakin banyak berita lingkungan yang diangkat  dan diseminasi oleh media, akan semakin banyak pula orang yang care dan mau berkontribusi menyelamatkan bumi kita. Mengingat media memiliki peran yang sangat strategis dalam pelestarian lingkungan dengan cakupan pembaca yang sangat luas, apalagi sebuah media online yang layanannya bisa diakses kapan saja dan dimana pun sepanjang ada akses internet. 

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berlangsung sangat cepat, membuat semakin banyak warga dunia beralih dari media tradisional ke media online, media tradisional perlahan tapi pasti bakal ditinggalkan oleh pembacanya, hal itu sudah terjadi di Amerika Serikat. Sejumlah media cetak besar di Amerika Serikat merugi, oplah berkurang, beberapa koran bahkan terpaksa tutup. Salah satu penyebabnya ialah karena pembaca berpindah ke situs-situs Internet yang memberikan informasi gratis.

Koran-koran di Amerika Serikat sekarang bermasalah, selain pengiklan yang berkurang, pembaca juga banyak yang mengandalkan media online. Contohnya Tucson dan Ann Arbor News, kedua koran ini merupakan harian tertua di Arizona sejak tahun 2009 tidak lagi mengeluarkan edisi cetak, tapi beralih ke media online. Kemudian koran  terbesar di San Francisco, The San Francisco Chronicle dikabarkan segera ditutup atau dijual karena pada 2008 mereka rugi Rp600 miliar. Dua koran paling bergengsi Amerika Serikat, New York Times dan Washington Post, melakukan langkah penghematan karena turunnya iklan dan menguatnya media online. Times akan memotong gaji sampai lima persen sedangkan Post bakal menawarkan pensiun dini.

Sepanjang 2008 industri koran Amerika terpaksa harus melepas sekitar 41 ribu tenaga kerja dan sekitar 9 ribu lowongan kerja di industri koran hilang dari awal 2009 sampai sekarang. Lima koran besar di USA tutup sejak akhir tahun lalu. 

Kini bisnis media beralih ke konvergensi media yang merupakan penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan merujuk pada perkembangan teknologi  komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan.

Konvergensi media tidak hanya pergeseran teknologi atau proses teknologi, namun juga termasuk pergeseran dalam paradigma industri, budaya, dan sosial yang mendorong konsumen untuk mencari informasi baru. Bahkan dengan perkembangan social media, publik pun bisa memproduksi konten atau berita dengan memanfaatkan layanan social media. Membaca kondisi tersebut, kami (Para Pendiri Beritalingkungan.com) akhirnya memutuskan memilih jalur portal berita untuk meramaikan pemberitaan lingkungan ke publik.

Saat ini, pengguna Internet di Indonesia berjumlah 45 juta dan pada 2015 mendatang diperkirakan 120 juta. Secara global, angka pengguna Internet di Tanah Air berada di urutan kelima setelah Cina (338 juta), Jepang (94 juta), India (81 juta), dan Korea Selatan (47,5 juta).

Seiring dengan berjalannya waktu,  Redaksi Beritalingkungan selain terus berusaha mengupdate informasi terkini seputar lingkungan hidup, kami juga terus berbenah dan melengkapi berbagai aplikasi teknologi informasi yang memungkinkan pengakses berita lingkungan bisa langsung memberikan komentar masukan dan kritik melalui social media.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini kami ingin mengucapkan terimakasih buat rekan-rekan yang selama ini berkontribusi baik dlm bentuk tulisan maupun supporting lainnya untuk pengembangan Beritalingkungan.com.
Kami sangat terbuka menerima  kontribusi tulisan opini, artikel, berita,  video, dan foto yang terkait dengan isu lingkungan hidup untuk dipublis di situs beritalingkungan.com silakan dikirim ke email : beritalingkungan@gmail.com.  Di ulang tahun ke 4 ini, kami juga ingin mengucapkan terimakasih kepada para pengakses dan pembaca setiap situs Berita Lingkungan.

Sesuai tema peringatan hari lingkungan tahun 2012 ““ Ekonomi Hijau : Ubah Prilaku, tingkatkan kualitas lingkungan”.  Mari kita mengambil peran melestarikan lingkungan kita, mulai dari hal-hal kecil namun bermanfaat bagi keberlanjutan lingkungan kita. Selamat memperingati hari lingkungan hidup sedunia,

Salam Lestari

@MarwanAzis
   Editor
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment