Carrefour Luncurkan Minyak Goreng Ramah Lingkungan




JAKARTA, BL-Carrefour Indonesia hari ini meluncurkan minyak goreng berlabel EcoPlanet yang berbahan baku minyak sawit bersertifikasi RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil).  

Peluncuran tersebut merupakan tindak lanjut dari komitmen Carrefour untuk menggunakan setidaknya 75 persen minyak sawit bersertifikasi/ certified sustainable palm oil (CSPO) pada tahun 2015.
RSPO merupakan asosiasi nirlaba international yang mengembangkan dan mengimplementasikan standar global minyak sawil berkelanjutan (CSPO).

"Dengan diluncurkannya minyak goreng Carrefour ECOplanet, produk minyak sawit berkelanjutan pertama yang disertifikasi oleh RSPO di Indonesia, dapat memperkuat komitmen Carrefour dalam mendukung keberlanjutan,"kata Corporate Affair Director Carrefour Adji Srihandoyo saat peluncuran Minyak Goreng Carrefour Ecoplanet di Carrefour Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (16/7/2012).

Menurut Adji, peluncuran produk minyak goreng Careefour Ecoplanet yang dijual dengan kemasan 1.800 ml dan harga Rp 23.300, merupakan komitmen Carrefour Indonesia dalam menyedian produk ramah lingkungan yang semakin hari semakin dibutuhkan oleh konsumen di Indonesia. 
 
WWF Indonesia mengapresiasi atas peluncuran minyak goreng berlabel EcoPlanet. Menurut Irwan Gunawan, Deputi Direktur Tranformasi Pasar WWF-Indonesia, tersedianya minyak goreng pertama yang bersertifikat RSPO di Indonesia merupakan sebuah bukti adanya komitmen produsen, seperti yang ditunjukkan oleh Musim Mas - pemasok CSPO ke Carrefour Indonesia, untuk mengadopsi dan mendorong percepatan prinsip-prinsip pengelolaan kebun sawit lestari dalam mata rantai perdangan sawit.
 
WWF berharap komitmen ini dapat menjadi teladan dan contoh konkrit terutama bagi industri hilir lainnya yang terhadap komitmen atas penyerapan CSPO.

Sementara, Direktur Konservasi WWF-Indonesia Nazir Foead menyampaikan pentingnya membangun kesadartahuan konsumen tentang perilaku hidup hijau. “Semakin banyak produk yang ramah lingkungan tersedia,semakin besar peluang konsumen untuk berpartisipasi dan mengambil peran konkrit dalam menyelamatkan hutan tropis Indonesia,"kata Nazir.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Wakil Menteri Perdagangan, Dr Bayu Krisnamukti dan Advisor RSPO Prof Bungaran Saragih. Sementara pihak WWF Indonesia juga ikut berpartisipasi dengan menghadirkan tim pendidikan lingkungan "Panda Mobile" WWF Indonesia yang memberikan sesi pendidikan lingkungan kepada murid-murid SD binaan Carrefour Indonesia, dengan tema konservasi orangutan dalam kaitannya dengan pengelolaan kebun sawit yang lestari.  (Marwan).

Foto : Okezone.
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: