Green Ramadhan Ala Muslim Amerika

Mosque Foundation, Bridgeview, Illinois. Foto : thirtynights.blogspot.com

Dalam hitungan beberapa jam lagi, masyarakat muslim dunia termasuk Indonesia akan memasuki bulan suci Ramadhan. Masyarakat Muslim di Amerika Serikat khususnya jamaah the Mosque Foundation, mesjid yang berlokasi  di Chichago, negara bagian Illinois punya cara khusus untuk mengisi bulan ramadhan dengan aktivitas ramah lingkungan yang dikenal dengan istilah Green Ramadhan.

The Mosque Foundation, merupakan mesjid pertama di Amerika yang memasukan elemen ramah lingkungan dalam pembangunannya. Prinsip ini bisa dilihat dari bentuk bangunan mesjid yang berjendela besar, dengan penggunaan karpet dari bahan daur ulang dan sumber listrik didapakan dari tenaga surya.

Jemaah Mesjid ini juga diajari pentingnya hidup berdasarkan prinsip ramah lingkungan.  Komunitas muslim yang berada di sekitar  mesjid itu juga menerapkan konsep Green Ramadhan,  dimana bulan suci ramadhan  dimanfaatkan merenungi makna ramadhan dikaitkan dengan penghematan energi.  


Menurut  Oussama Jammal, Direktur The Mosque Foundation kepada VOA, konsep Ramadan ramah lingkungan ini sejalan dengan praktek puasa. “Di mana kita mengkonsumsi makanan kurang dari biasanya, dan di mana makanan yang tidak dikonsumsi dibagi-bagikan kepada komunitas. Jadi, bukan kami yang memperkenalkan konsepnya, bahwa selama Ramadan kita berpuasa dan mengurangi konsumsi energi,” jelas Jammal. Jammal berharap kesadaran lingkungan ini dapat diterapkan oleh komunitas Muslim lain di seluruh dunia. 

                                                       VOA-Youtube | BL
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: