Operasi Hujan Buatan Untuk Atasi Kabut Asap


Ilustrasi hujan buatan. Foto hileud.com.

JAKARTA, BL- BNPB bekerjasama dengan BPPT menggelar operasi hujan buatan selama 40 hari untuk mengatasi bencana asap hasil dari kebakaran lahan dan hutan di Sumatera.  Operasi hujan buatan ini mulai dilakukan hari ini (13/8).

Upacara pembukaan operasi hujan dilakukan di Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru Riau oleh Gubernur Riau yang didampingi pejabat dari Pemda Riau, BNPB, BPPT dan BPBD Riau pada pukul 13.30 Wib.

Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan terima kasih kepada BNPB yang membantu pelaksanaan hujan buatan. Operasi ini juga sebagai pembelajaran sistem komando bagi BPBD dan pengamanan pelaksanaan PON ke 18.

Hujan buatan menggunakan 2 pesawat Cassa 212. Pada tanggal 28 Agustus 2012, BNPB juga akan mengerahkan 2 helicopter yang dilengkapi bambi-bucket untuk pemboman air dari udara pada titik api. Operasi helicopter ini khusus dalam rangka pengamanan PON pada bulan September yang akan datang dari bencana asap.

"Dana yang sudah dicadangkan untuk opsi pertama sebesar Rp 12 milyar" ujar Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB

Asap kebakaran lahan dan hutan di beberapa tempat telah mengganggu masyarakat. Di Jambi pada hari ini jarak padang pada pagi hari 300 meter sedangkan siang hari mencapai 800 meter. Hotspot juga cukup merata terjadi di beberapa tempat.

Pundak musim kemarau antara bulan Agustus - September sangat signifikan mempengaruhi jumlah perkiraan hotspot di Indonesia, yang disebabkan oleh kebakaran lahan dan hutan. (Jekson Simanjuntak)
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: