Bisnis IPCC Proyeksi bukan Prediksi Iklim


DOHA, BL-IPCC meramalkan suhu bumi pada akhir abad ke-21, lebih tinggi 4 derajat dibandingkan hari ini. "Kami memproyeksikan berdasarkan suhu bumi 20 ribu tahun lampau,"kata Wakil Presiden IPCC. Apa maksud bisnis IPCC bukan meramal iklim?

Wakil Presiden Intergovermental Panel for Climate Change-IPCC, Jean Pascal Van Persele mengungkapkan bahwa kenaikan suhu bumi sebesar 4 derajat Celcius pada akhir abad ke-21, berdasarkan proyeksi data suhu bumi rata-rata 20 ribu lampau yang 4 derajat lebih rendah daripada hari ini. "Berdasarkan data ini, kita punya banyak alasan untuk percaya bahwa suhu bumi akan lebih panas empat derajat pada akhir abad ke-21," ungkapnya pada pembukaan sesi Climate Change Summit, di Hotel Ritz Carlton, Doha, Qatar pada Minggu (2/12).

Dengan demikian, tugas IPCC bukan meramalkan berapa kenaikan suhu bumi di masa depan, tetapi memproyeksikan data dan kondisi iklim bumi selama beberapa puluh ribu tahun terakhir untuk memperkirakan kondisi iklim di masa depan.

Persele juga mengungkapkan, berdasarkan data yang dikumpulkan para pakar IPCC dari seluruh dunia, terungkap bahwa permukaan air laut di masa lalu 120 meter di bawah level hari ini. Ia meminta negara maju segera melakukan program mitigasi perubahan iklim karena semakin cepat dampak perubahan iklim ditangani maka semakin kecil ongkos yang dikeluarkan

Apa yang dibutuhkan dunia saat ini,menurut Persele, adalah menyeimbangkan antara industrialisasi dengan tingkat emisi yang tidak terlalu tinggi. "BEberapa negara berhasil melakukannya, dan mereka berhasil menekan emisi meskipun industralisasinya berlangsung secara massif,"katanya. (SIEJ/IGG Maha Adi).

Share on Google Plus

About Redaksi

    Blogger Comment
    Facebook Comment