Malam Tahun 2013, Jakarta Gelar Car Free Night

Ilustrasi perayaan tahun baru 2012 yang diwarnai kemacetan diberbagai tempat di Jakarta. Foto : Vivanews/Muhamad Solihin

JAKARTA, BL-Perayaan malam tahun baru 2013 di Jakarta akan terasa istimewa karena akan digelar malam festival tanpa asap kendaraan atau Car Free Night di ruas jalan Sudirman - Thamrin.

Malam tahun baru 2013 dipastikan bakal meriah dengan berbagai pertunjukan hiburan tradisional hingga modern  serta karnaval yang melibatkan 3000 orang. Berbagai kesenian betawi seperti Gambang Kromo, Kroncong Betawi akan memeriakan malam pergantian tahun ini. Perayaan malam pergantian tahun ini dipusatkan di Jl Jenderal Sudirman-Jl MH Thamrin dan Jl Medan Merdeka Selatan.

Gubernur DKI Jakarta Jokowi seperti dilansir sejumlah media mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan panggung hiburan bagi warga. Hingga saat ini, terhitung ada 16 panggung hiburan. Selain itu, dipersiapkan pula pesta kembang api di sekitar Bunderan HI.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Drs Putut Eko Bayuseno mengatakan Car Free Night merupakan ikon bagi ibukota dan juga trend setter bagi provinsi lain.

"Car Free night ini dilakukan baru pertama kali di Ibukota. Kalau baik tahun ini, maka tahun  depan akan dilakukan lagi dan tidak menutup kemungkinan provinsi lain pun akan mengikutinya, kata Kapolda Metro Jaya seperti dilansir laman resmi TMC Metro Jaya.

Kapolda Metro Jaya mengharapkan semua intasi yang terlibat memberikan kontribusi yang positif untuk suksesnya acara tersebut.

Polda Metro Jaya  berencana menutup sejumlah ruas jalan di ibu kota, karena diprediksi akan terjadi titik konsentrasi massa.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Chryshnanda Dwi Laksana mengatakan, penutupan jalan hanya bersifat situasional dan sementara. Salah satu pengalihan arus yang pasti dilakukan yakni di Jl Jenderal Sudirman-Jl MH Thamrin-Jl Medan Medan Merdeka Selatan yang akan dijadikan lokasi Jakarta Night Festival atau Car Free Night.

"Karena ada acara Jakarta Night Festival, lokasi tersebut akan ditutup total mulai pukul 21.00 hingga 02.00. Warga yang membawa kendaraan bisa datang sebelum dilakukan penutupanan," ujar Chryshnanda seperti dilansir Beritajakarta.com.


Pihak kepolisian juga telah menyiapkan kantong-kantong parkir untuk pengendara selama penutupan berlangsung yakni di Lapangan Parkir IRTI Monas, Lapangan Parkir Polda Metro Jaya, Parkir Timur Senayan, dan parkir-parkir off street (gedung dan mall) yang ada di sepanjang lokasi Jakarta Night Feastival. (Marwan Azis).

Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment