.

.
.

Ini Dia Olahraga Ramah Lingkungan

Ilustrasi mendaki di Gunung Gede Pangrango. Foto : Marwan Azis/Beritalingkungan.com

Berolahraga di Gym memang lebih menyenangkan dengan semua fasilitas yang tersedia seperti mesin treadmill, sepeda statis,kolam renang, TV flat besar dan kamar mandinya. Namun semua fasilitas tersebut tentunya kurang ramah lingkungan, karena boros air dan listrik.

Nah Anda mulai mencoba olahraga yang lebih ramah lingkungan. Berikut ini beberapa pilihan olahraga yang bisa Anda coba untuk jaga kesehatan sembari menyelamatkan bumi yang dipaparkan The American Council on Exercise(ACE) pada She Knows:

Mendaki

Salah satu cara terbaik untuk berolahraga dan menurunkan stres ialah menelusuri jalan setapak terdekat atau pergi hiking.Jika Anda terbiasa berjalan atau jogging di treadmill, setiap langkah yang Anda jejakkan di jalan pegunungan yang menanjak dapat memompa jantung Anda, tanpa membutuhkan listrik. Untuk pengalaman mendaki terbaik, para ahli di The American Council on Exercise (ACE) menyarankan Anda membawa air, makanan ringan, obat nyamuk, dan tabir surya.

Menggowes


Menggunakan sepeda statis di Gym memang menyenangkan, tapi anggaplah itu sebagai latihan Anda untuk bersepeda yang sesungguhnya. Bersepeda santai dengan komunitas Anda atau pergi ke luar kota sehingga dapat melatih kecepatan Anda. Beersepeda dapat meningkatkan kebugaran jantung juga daya tahan dan kekuatan otot bagian bawah tubuh Anda. Pastikan Anda mematuhi aturan hukum dan lalu lintas, memakai helm dan pakaian yang sesuai (atau lampu jika Anda bersepeda pada senja hari atau fajar), membawa airdan makanan ringan, dan menggunakan sinyal tangan untuk mengingatkan pengemudidan pengendara sepeda lainnya.

Menyelam

Bagi Anda yang bertempat tinggal dekat dengan danau atau laut yang cukup bersih, Anda bisa melompat atau berenang di sana.Jika Anda jarang berenang di gym, sebaiknya Anda menambahkan renang sebagai alternatif latihan Anda. Para ahli di The American Council on Exercise (ACE) mengatakan bahwa dengan sekali lap berenang dapat memberikan latihan kebugaran yang bagus untuk seluruh tubuh. Ketika Anda menggunakan mendorong, mendayung dengan tangan, atau menggerakkan kaki akan memberikan manfaat kardio dan latihan kekuatan. Saat Anda berenag di luar ruangan, jangan lupa menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda.

Meluncur

Inline skating atau dikenal sebagai sepaturoda jadi cara yang menyenangkan untuk berolahraga di luar ruangan.Berjalan-jalan menggunakan sepatu roda mengelilingi kompleks atau ke taman terdekat merupakan kegiatan yang dapat dinikmati bersama keluarga. Pastikan untuk selalu memakai pelindung, seperti bantalan pergelangan tangan, siku danlutut, dan helm yang membantu mencegah cedera saat Anda atau anggota keluargaAnda terjatuh.

Perenggangan

Ada baiknya Anda memanfaatkan kesempatan jika ada latihan senam bersama di taman dekat rumah Anda. Namun jika Anda ingin latihan perenggangan yang lebih santai, Anda bisa mengikuti kelas yoga di luar ruangan atau pilates. Selalu rajin menggunakan tabir surya agar kulit Anda tetap terhidrasi, mengingat semua latihan yang Anda lakukan di luar ruangan.

Sumber :  ACE-  Sheknows.com
Share on Google Plus

About Editor Cois

    Blogger Comment
    Facebook Comment