Surfing di Bono Akan Tercatat di Guinness World Records

Seorang turis asing berselancar di gelombang bono Teluk Meranti, beberapa waktu lalu.  Foto : radiocendana.com


JAKARTA, BL- Pemecahan rekor berselancar terlama  dan terpanjang dengan BONO Sungai Kampar yang akan dilakukan pada 9-14 Feb 2013 mendatang oleh Steve King salah satu peselancar dunia yang telah memecahkan rekor berselancar terlama di gelombang Sungai Severn Bore – Inggris pada 2006.

Sejak pertama kali Gelombang BONO (tidal bore) yang terdapat di Sungai Kampar Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau ini ditemukan oleh beberapa peselancar internasional yang berasal dari Perancis dan Brazil untuk berselancar diatas gelombangnya, sejak saat itu pulalah banyak pihak baik peselancar nasional dan internasional yang telah mencoba dahsyatnya gelombang tujuh hantu (seven ghost) ini.

Dan masih banyak juga yang penasaran untuk mencoba dahsyatnya berselancar dengan BONO.  Salah satunya adalah Steve King, seorang peselancar dari Inggris yang akan menjajal gelombang BONO pada 09 – 14 Februari 2013 ini.

Menurut Hisam Setiawan, Pemerhati BONO, selain ingin mencoba dahsyatnya BONO, Steve King juga akan mencoba memecahkan rekor berselancar dengan jarak tempuh terpanjang dan terlama diatas gelombang BONO yang terdapat di Kelurahan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan ini yang nantinya akan tercatat dalam Guinness World Records.

Pada kesempatan ini Steve King akan ditemani oleh 2 orang temannya yang juga berasal dari Inggris yaitu Steve Holmes & Nathan Maurice dan 2 orang berkebangsaan Perancis yaitu: Fabrice Colas & Dominique Avrilleau yang akan datang ke lokasi lebih awal untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

Berkenaan dengan kegiatan pemecahan rekor berselancar terlama dan terpanjang diatas gelombang BONO ini, Bupati Pelalawan – H. M. Harris melalui keterangan tertulisnya yang diterima Beritalingkungan.com mengatakan sangat antusias menyambut kedatangan para peselancar ini dan sangat mendukung untuk terciptanya rekor tersebut.

“Untuk pemecahan rekor ini saya atas nama Pemerintah Kabupaten Pelalawan sangat mendukung, bukan hanya mendukung tapi sangat mendukung dengan adanya kegiatan ini. Ini artinya gelombang BONO yang ada di Sungai Kampar Kabupaten Pelalawan akan lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia dan juga Internasional”, ujarnya

 Ia menambahkan, pihak pemerintah Kabupaten Pelalawan akan berusaha memberikan bantuan dan dukungan semampunya, selama hal itu tidak menyalahi aturan yang berlaku untuk terciptanya rekor baru berselancar terlama dan terpanjang sepanjang dengan gelombang BONO ini.

“Dan bahkan jikalau ada fasilitas pendukung yang dibutuhkan untuk pemecahan rekor tersebut yang sesuai dengan kemampuan kita dan tidak menyalahi aturan, tentunya Pemerintah Kabupaten Pelalawan akan siap untuk membantu”,tandasnya.

Sebelumnya pada 2006 yang lalu, Steve King juga telah berhasil memecahkan rekor untuk berselancar di atas gelombang sungai (tidal bore) tepatnya di salah satu gelombang sungai di Inggris. Menurut informasi yang diterima Hisam Setiawan, salah seorang pemerhati BONO, Steve King telah berhasil mencatatkan namanya dalam Guinness World of Records dalam berselancar diatas gelombang sungai dengan waktu terlama dan jarak terpanjang diatas gelombang Sungai Severn Bore yang berlokasi di Inggris.

“Ya  menurut informasi yang saya terima, pada 30 Maret 2006 yang lalu Steve King telah berhasil mencatatkan namanya dalam Guinness World of Records dengan jarak tempuh 12,23 Km (7,6 mil) + 2,66 (1,65 mil) dengan waktu tempuh 1 jam 6 menit untuk berselancar dengan gelombang sungai tepatnya di Severn Bore River di Inggris”,kata Hisam dalam siaran persnya.

Hisam juga menambahkan informasi jadwal kedatangan para peselancar yang ingin memecahkan rekor untuk berselancar terlama dan terpanjang dengan Gelombang BONO ini.

“ Ada 2 orang (Fabrice Colas dan Dominique Avrilleau) yang akan datang ke Teluk Meranti lebih awal, kemungkinan besar pada Rabu, 6 Februari 2013. Tim inilah yang akan mempersiapkan segala sesuatunya untuk mendukung pemecahan rekor tersebut. Sedangkan Steve King dan 2 teman lainnya akan bertolak menuju lokasi pada Jumat, 8 Februari 2013. Untuk jadwal pemecahan rekor akan segera dimulai pada 9 – 14 Februari 2013 dan setiap harinya semua aktivitas berselancar dengan gelombang BONO akan selalu direkam sebagai bukti untuk memperoleh rekor guinness wolrd tersebut pastinya” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pelalawan, Zulkifli mengatakan Pemerintah Daerah Pelalawan menyambut baik dan sangat bergembira dengan kedatangan para peselancar ini.

 “Tentunya kita mengharapkan dengan kedatangan para peselancar seperti mereka di Teluk Meranti, ya walaupun dengan fasilitas yang belum sempurna dan masih ada kekurangan di sana –sini, mereka masih mau datang, bahkan untuk memecahkan rekor baru dalam berselancar di gelombang sungai”, ujar Zul.

Sejalan dengan kedatangan para peselancar ini untuk mengarungi Gelombang BONO dan memecahkan rekor diatasnya, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda & Olahraga Pelalawan berencana untuk menyambut para peselancar tersebut dengan melakukan sebuah pertemuan di Pangkalan Kerinci sebelum mereka bertolak ke Teluk Meranti.

“Rencananya begitu, ya kita akan coba undang mereka ke kantor kita sebelum mereka berangkat ke Teluk Meranti pada hari Jum’at (8/2), paling tidak ada wellcome drink lah dari kita Pemda Pelalawan untuk mereka,”tandasnya. (Marwan Azis).

Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment