Nelayan Perlu Mewaspadai Tinggi Gelombang Laut.


JAKARTA, BL-Aktifitas Monsun Asia diprediksi masih akan berlangsung sampai 2 atau 3 hari mendatang, akan memicu peningkatan kecepatan angin dan tinggi gelombang laut, sehingga nelayan diperingatkan memperhatikan gelombang laut sebelum melaut.

Daerah yang diramalkan akan terjadi peningkatan kecepatan angin dan tinggi gelombang laut antara lain Laut China Selatan, Selat Karimata, Laut Flores, Laut Timor, Laut Sawu, dan Laut Banda sehingga nelayan diperingatkan memperhatikan gelombang laut sebelum melaut.

BMKG dalam laman mereka (17/1)  juga mengungkapkan berdasarkan analisa dinamika atmosfer yang dilakukan untuk jangka waktu 1 minggu ke depan, kemunculan aktifitas Monsun Asia yang dapat berulang dalam jangka waktu 7-10 hari kedepan.

Prakondisi yang harus dipenuhi untuk terjadinya kembali aktifitas Monsun tersebut adalah peningkatan tekanan udara di Asia Tengah dan terbentuknya pusat tekanan rendah di Australia dan sekitarnya. Apabila prakondisi tersebut terpenuhi, maka diprediksi untuk jangka waktu 1 minggu ke depan ada potensi peningkatan curah hujan di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. (Marwan Azis).
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment