NTB Masih Kekurangan Air Bersih

                                                                                               Ilustrasi warga antarian untuk mendapatkan air bersih. Foto : Ist.
LOMBOK, BL-Penyediaan air bersih di Nusa Tenggara Barat (NTB) masih kurang, yakni sekitar 23 persen masyarakat yang belum mendapatkan  air bersih khususnya di pedesaan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Dwi Sugiyanto menjelaskan, untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat yang ada pedesaan pada tahun 2013, Dinas PU NTB akan menambah 570 liter/detik setara dengan sekitar 11 persen,  untuk penduduk sekitar 500 ribu orang. Hal ini akan diusahakan melebihi dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) NTB untuk tahun 2013.

“Untuk 2013 ini penyediaan air bersih akan diusahakan penambahannya yaitu 570 liter/detik atau mencapai angka 500 ribu penduduk,“ jelas Dwi Sugianto di kantornya kepada Lombokita, Selasa (15/1).

Dwi menjelaskan, untuk tahun 2012 lalu, dari 81 persen yang direncanakan  Dinas PU bisa mencapai angka 83 persen untuk penyediaan air di wilayah perkotaan, sementara untuk wilayah pedesaan dari 75 persen yang ditergetkan ternyata bisa mencapai angka 77 persen.

“Dari angka yang ditargetkan untuk wilayah perkotaan sudah mencapai angka 83 persen, sedangkan untuk wilayah pedesaan mencapai angka 77 persen penyediaan air bersih,“ katanya.

Dwi juga menjelaskan, meskipun masih ada di wilayah perkotaan yang belum tersentuh air bersih tetapi mereka sudah mendapatkannya melalui PDAM,  sedangkan untuk masyarakat di pedesaan mendapatkan air bersih dari sumur bor maupun dari sumur–sumur dangkal yang dijadikan sumber air bersih.

Dwi menegaskan, angka kurang lebih 77 persen itu merupakan angka secara data sedangkan dalam kenyataannya semua masyarakat di desa sudah mendapatkan air bersih.

“Angka kurang lebih 77 persen tersebut merupakan data secara tertulis, tetapi pada kenyataaannya semua  masyarakat  secara totalitas sudah mmendapatkan air bersih,“ kata Dwi.

Pada prinsipnya, menurut Dwi, semua masyarakat NTB sudah mendapatkan air bersih. Hal itu terlihat dari stok yang ada di PDAM dan keberadaan sumur bor serta adanya beberapa bendungan yang tersebar di NTB. (Ari/Lombokita)
Share on Google Plus

About Redaksi

    Blogger Comment
    Facebook Comment