Menyampaikan Pesan Lingkungan Melalui Mading Sekolah

Ilustrasi mading lingkungan hidup, salah media menyampaikan pesan lingkungan dilingkungan sekolah.  Foto : JIBI/Dwi Prasetya.
JAKARTA, BL - Ada banyak cara melestarikan lingkungan, salah satunya dengan mengambil bagian dalam menyampaikan pesan-pesan lingkungan dengan memanfaatkan media dari sangat sederhana sampai teknologi informasi.

Seperti dilakukan anak muda yang gemar mengelola sampah (Gemas) di Jakarta. Mereka terdiri atas pelajar SMA/SMK se-Jakarta yang memiliki ide kreatif dalam menyampaikan pesan-pesan lingkungan terutama pengelolaan sampah dalam bentuk majalah dinding (mading).

Ide mereka pun mendapat apresiasi dari sebuah perusahaan bernama Aqua Group, yang memberikan penghargaan kepada anak muda yang gemar mengelola sampah (GEMAS) di Jakarta pada Senin kemarin.

"Penghargaan ini merupakan puncak dari rangkaian kampanye Gemas yang telah diselenggarakan selama satu tahun," ujar Vice President Corporate Secretary Aqua Group, Parmaningsih Hadinegoro seperti dilansir Kantor Berita Antara.

Penghargaan tersebut diberikan kepada 11 SMA/SMK peserta lokakarya, yang memiliki ide atau gagasan kreatif dalam menyampaikan pesan-pesan pengelolaan sampah dalam bentuk majalah dinding (mading).

Kompetisi majalah dinding ini telah dimulai sejak November 2012 dan diikuti oleh lebih dari 30 SMA/SMK di seluruh DKI - Jakarta.

Penilaian pemenang meliputi aspek isi pesan, kreativitas peserta dalam penyampaian pesan, serta bentuk tampilan mading itu sendiri.

"Sampah dapat dikelola dengan baik, dan dimulai dengan cara yang sederhana yaitu mulai dari membuang sampah pada tempatnya," ujar Parmaningsih.

Kampanye yang dilakukan selama satu tahun terakhir ini, bertujuan untuk menyampaikan kampanye kepada publik untuk bisa mengelola sampah dengan baik. (Ant/Marwan)
Share on Google Plus

About Redaksi

    Blogger Comment
    Facebook Comment