Bayi Paus Berhasil Dilepas ke Laut

Inilah Bayi pilot whale yang terdampar di pantai Semawung, Sanur, Bali, kini sudah dilepas ke laut bebas.  Foto: Amank/ JAAN Indonesia
JAKARTA, BL - Bayi pilot whale yang terdampar di pantai Semawung, Sanur, Bali, kini sudah dilepas ke laut. Paus itu ditolong oleh tiga aktivis Jakarta Animal Aid Network (JAAN) dan para nelayan.

Paus pilot itu berukuran 1,8 meter dengan berat kurang lebih 90 kg. Ada luka di kepala atas sebelah kanan dan di bagian perut bawah sebelah kanan juga.

Menurut aktivis JAAN yang membantu evakuasi paus, Amank Raga, para nelayan menemukan mamalia itu sekitar pukul 06.30 Wita. Bayi paus itu sempat ditolong oleh nelayan, namun tak berhasil.

"Dua kali paus tersebut dibawa ke tengah dengan cara ditarik dan didorong, tapi paus selalu kembali ke tepian," terang Amank seperti dilansir Detikcom, Selasa (19/2/2013).

Baru pada pukul 09.00 Wita, paus itu dibawa ke laut lepas menggunakan perahu nelayan. Para aktivis JAAN dan nelayan masih memantau kemungkinan paus itu kembali ke daratan.

"Tapi ketika dirilis tadi, kalau saya amati dia berenang dengan kuat dan cukup baik," terangnya.

(mad/nrl/detik)
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment