Belalang Serang Israel



Bila selama ini Israel selalu menyerang negara tetangganya, terutama Palestina.  Sejak pekan lalu (6/3) Israel  dibuat kapok oleh serang segerombolan belalang yang merusak tanaman dan pohon-pohon di pusat kota negara zionis itu.
Tak tanggung-tanggung, kawanan belalang itu jumlahnya bukan puluhan atau ratusan tapi ribuan. 'Mereka' menyerang bukan hanya tumbuhan yang ditanam warga, tapi juga menyerang warga Israel dari berbagai penjuru. Tak ayal lagi, para warga pun panik. Bahkan tak mau ketinggalan, para petugas keamanan Israel pun turut ambil bagian untuk 'menyerang' gerombolan belalang itu dengan helikopter.

Serangga itu menyerang hampir 2.000 hektar wilayah padang pasir hanya dalam waktu semalam. Israel menyemprotkan pestisida dari udara untuk untuk membasmi serangga tersebut pada pagi hari sebelum matahari terbit. Dengan demikian, belalang tersebut akan mati. Pavel Rosenfeld, seorang petani yang tinggal sekitar 3 km dari perbatasan Mesir, mengatakan 30 sampai 40 persen tanaman kentang dari pertaniannya sudah rusak oleh serangan belalang.

Menurut kantor berita Israel seperti dilansir Mi'raj News Agency (MINA), belalang yang saat itu menyerang Israel berjumlah sekitar 30 juta serangga. Perhitungan ini berdasarkan jumlah kerusakan tanaman yang diderita Israel saat ini. Juru bicara Kementerian Pertanian Israel menyatakan bahwa belalang-belalang itu akan mencapai puncaknya pada perayaan Paskah Yahudi yang berlangsung setiap 25 Maret-1 April.

"Dalam kitab yang dipelajari Yahudi, belalang adalah salah satu dari 10 binatang yang keluar dari Mesir setelah Firaun menolak untuk membebaskan bangsa Israel yang diperbudak," tulis majalah Time. Warga Israel saat ini sedang mempersiapkan acara Passover, suatu perayaan yang akan dihadiri oleh banyak turis dari mancanegara. Peringatan ini akan berlangsung dari tanggal 25 Maret hingga 2 April 2013 mendatang.

Namun, Festival Passover kali ini tidak hanya akan didatangi oleh turis namun juga oleh kawanan belalang. Untuk itu, Kementerian Pertanian Israel sudah membuat peringatan kepada warga untuk waspada terhadap serangan binatang tersebut. Rupanya, serangan belalang serupa juga pernah terjadi pada 2004 lalu yang menimbulkan bencana cukup serius di Israel. Israel juga mengkhawatirkan jika belalang itu membawa wabah penyakit bagi warganya dan turis yang akan berkunjung ke Israel.

Sebelum liburan Paskah Yahudi, para Rabbi mengingatkan 10 malapetaka yang terdapat dalam kitab mereka, salah satunya adalah belalang, yang melanda Mesir ketika warga Yahudi melakukan eksodus ke Israel. Sementara itu, para pejabat Israel mengatakan bahwa serangan belalang itu tidak ada hubungannya dengan kitab Yahudi. Itu adalah wabah musiman yang biasa terjadi di negara-negara lainnya. (MINA/Marwan Azis).
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment