Dari UI untuk Sungai Ciliwung


JAKARTA, BL- Setiap tanggal 22 Maret 2013, seluruh dunia memperingati Hari Air Internasional.  Tahun ini mengusung tema “2013 Tahun Kerjasama Air Internasional”.

Dengan Tema tersebut diharapkan setiap elemen masyarakat dunia bersama-sama bekerjasama untuk memperbaiki kualitas air demi perairan yang lebih baik.

Perayaan Hari Internasional di Indonesia juga diberbagai kegiatan oleh berbagai lembaga yang bergiat dibidang lingkungan. Salah satunya adalah Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) bersama dengan unit-unit Kemahasiswaan yang ada di UI melakukan gerakan untuk Ciliwung yang lebih baik. Gerakantersebut bernama Run Foriver.

Dalam keterangan persnya yang diterima Beritalingkungan.com (23/3), Humas Mapala Fariska Aryani  menjelaskan, gerakan penyelamatan Ciliwung harus dilakukan bersama-sama, tentu saja Mapala UI tidak dapat melakukannya sendiri.  Suatu gerakan akan berjalan dengan baik apabila setiap bagian tubuh bersama-sama melakukan hal tersebut .

Dengan melibatkan banyak unsur kemahasiswaan di Universitas Indonesia dan berbagai pihak diharapkan gerakan  Run Foriver dapat mempengaruhi banyak orang untuk ikut serta bekerjasama dan melakukan sesuatu yang nyata untuk Ciliwung.

Kampanye ini dilakukan pada Sabtu (23/3) di UI Depok, Jawa Barat. Mereka  melakukan kampanye dengan cara berlari disusul denganpengumpulan tandatangan, penyebaran flyer kampanye, dan pin berwarna biru. Pita berwarnabiru menandakan kepedulian terhadap perairan dibagikan kepada masyarakat umum dan mahasiswa yang terdapat di sekitar UI

Kampanye dimulai pukul 06.00 dengan berlari dari meeting point di Rotunda UI menuju ke arah Perpustakaan UI.  Gerakan Run Foriveer  akan terus berlanjut hingga puncak kampanye Run Foriver pada tanggal 12 Mei 2013 yaitu dalam bentuk kompetisi lari dengan kategori 10 KM dan 21 KM yang bertempat di Lingkungan UI, Depok.

" Diharapkan kompitisi ini dapat lebih banyak mengajak masyarakat untuk peduli terhadap sungai Ciliwung,"kata Maryati Dimursi yang juga anggota Mapala UI.

Dengan mengikuti kegiatan Mapala UI Half Marathon, setiap peserta menyumbang satu bibit tanaman untuk ditanam dan diadopsi selama 10 triwulan di daerah hulu sungai Ciliwung. Bibit tanaman tersebut akan ditanam oleh Mapala UI bersama unit kemahasiswaan lainnya di lingkup UI  pada Juni 2013.  Dengan penanaman pohon di Sungai CIiwung diharapkan dapat mengembalikan kualitas mata air dan pengurangan erosi di bagian hulu sungai.

Adapun diperkirakan sekitar 2000 orang akan terlibat dalam kegiatan lari half marathondan 10 km ini. Dengan demikian, terdapat 2000 bibit tanaman yang akan ditanaman di Hulu Sungai Ciliwung.  (Marwan Azis).
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment