Ini Dia Ajang Kompetisi Barista dan Pencinta Kopi

Aksi meracik kopi para barista dan penikmat kopi di  Indonesia Barista Competition (IBC) 2013.  Foto : dok IBC.

JAKARTA, BL- Bagi para penikmat kopi dan barista Indonesian Barista Competition (IBC) menantang Anda untuk menguji kemampuan dalam meracik atau menyajikan kopi di Atrium Cilandak Town Square (CITOS), Jakarta pada tanggal 21 – 24 Maret 2013, pukul 10.00 – 21.00 WIB.

Lomba di Jakarta ini merupakan rangkaian akhir kompetisi yang digelar melaksanakan babak penyisihan di 4 kota sebelumnya (Bali, Surabaya, Yogya dan Bandung),

Menurut informasi yang diperoleh Beritalingkungan.com dari panitia pelaksana, lebih dari 50 Barista dan pencinta kopi asal Jakarta dan sekitarnya akan bertanding pada IBC 2013.

Jakarta merupakan kota terakhir penyelenggaraan eliminasi regional IBC 2013 sebelum memasuki babak Grand Final pada bulan April mendatang. Diharapkan antusiasme para pecinta kopi dan masyarakat jauh lebih banyak dibanding empat kota sebelumnya dan ajang kejuaraan ini diharapkan dapat mencetak barista-barista muda yang berbakat dan dapat membawa harum nama Indonesia ke kancah Dunia.

Kompetisi ini, melibatkan Juri dari kalangan Barista Trainer, Cafe Owner, Roaster, pelaku di industri kopi lainnya maupun pecinta kopi yang sudah malang melintang di dunia perkopian Nasional maupun Internasional.  
Dari setiap kejuaraan regional, akan dipilih 5 orang pemenang untuk mengikuti Grand Final di tingkat Nasional, yang diselenggarakan bersamaan dengan pameran Food & Hotel Indonesia tgl 10-13 April 2013 di JIExpo – Kemayoran, Jakarta.

Para pemenang di tingkat nasional nantinya akan dikirim untuk mengikuti lomba bergengsi di tingkat ASEAN, Asia Pasifik, hingga tingkat Dunia yaitu WBC (World Barista Championship). Tak hanya itu, masing-masing pemenang di Kompetisi Regional maupun Nasional akan mendapat hadiah bernilai total puluhan jutaan rupiah.

Kompetisi dua tahunan ini, telah diselenggarakan ketiga kalinya oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) / Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI) terbukti telah mendongkrak popularitas industri hilir perkopian Indonesia.
Menurut Veronica Herlina sebagai ketua panitia IBC ini sepanjang 2011-2012 saja, pelatihan barista, kedai kopi serta profesi barista semakin menjadi pilihan bisnis dan profesi di Indonesia. Tak hanya itu, peserta dan pengunjung kejuaraan IBC setiap musimnya juga selalu bertambah.
 
Ini merupakan kesempatan yang terlalu berharga untuk dilewatkan para pecinta kopi. (Marwan Azis).
Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment